fundtastic_RGL93fSEjY8gHFsxhClt-1648867804.jpg
KEUANGAN 02 April 2022

Kunci Sukses Berinvestasi


Iming - iming cuan besar? Jangan langsung tergiur! Cara cepat mendapatkan cuan yang digembar-gemborkan orang lain sering menjadi bahan investasi bodong untuk menjebak korban mereka. Berinvestasi bukan jalan pintas untuk menjadi kaya dalam waktu semalam. Pastikan Anda memiliki misi berinvestasi Anda untuk jangka panjang. Jangan pakai keberhasilan orang lain jadi tujuan investasi karena keberhasilan setiap orang akan selalu berbeda.

Menginvestasikan uang Anda merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk membangun kekayaan. Selain misi, strategi dan toleransi terhadap risiko, Anda perlu juga mempertimbangkan cara berpikir yang tepat dalam berinvestasi. Yang pasti, mentalitas bertaruh uang atau gambling harus Anda buang. 

Dalam berinvestasi, Anda harus memiliki mindset yang tepat dan perencanaan yang matang. 80% investasi yang sukses berasal dari mindset yang benar mengenai investasi itu sendiri.

Berikut 5 mindset atau cara berpikir yang perlu Anda miliki dalam berinvestasi : 

 

1. BERINVESTASI BUKAN JALAN PINTAS JADI KAYA

Ketika ada yang memberikan iming-iming cuan besar tak masuk akal, besar kemungkinan itu adalah investasi bodong atau bahkan yang marak belakangan ini, aktivitas ilegal berkedok investasi. Untuk menikmati imbal hasil yang signifikan, diperlukan komitmen dan konsistensi berinvestasi dalam jangka panjang. Penelitian menunjukkan investor menikmati cuan yang lebih tinggi secara signifikan jika rutin berinvestasi selama 20 tahun, dibandingkan dengan mereka yang melakukannya dalam waktu yang lebih singkat.

 

2. INVESTASI SEBAIKNYA DIMULAI DARI MIMPI ANDA UNTUK MASA DEPAN
Berinvestasi bicara akan masa depan, mulai dari mimpi akan financial freedom atau perencanaan keuangan Anda untuk keluarga, Pendidikan, Liburan dan masih banyak misi lain yang bisa berbeda untuk setiap orang. Berinvestasi bukan hanya dengan tergiur testimoni dari seseorang yang Anda dengar dan nonton di internet berhasil kaya mendadak. Anda perlu menentukan misi keuangan Anda untuk jangka panjang, dan raih misi tersebut dengan disiplin rutin berinvestasi

 

3. WAKTU ADALAH UANG
Waktu adalah modal dasar terbesar yang dimiliki oleh seorang manusia. Waktu bersifat tetap, tidak bisa dikurangi atau dilebihkan. Dalam berinvestasi, waktu adalah modal paling mahal yang tak boleh diabaikan begitu saja. Lalu bagaimana bisa seseorang berinvestasi dengan waktu? Tentu saja dengan menginvestasikan waktu pada uang yang Anda tanam. Atau dengan kata lain, bersabar. Hanya dengan bersabar Anda akan merasakan sendiri the power of  Compounding Interest atau bunga yang dihitung dari jumlah pokok ditambah dengan bunga yang diperoleh sebelumnya, atau singkatnya, bunga yang berbunga terus seiring berjalannya waktu.

Compounding interest atau bunga majemuk adalah keuntungan yang sangat powerful dalam menumbuhkan kekayaan Anda. Compounding interest ini baru bisa terasa ketika Anda sudah berinvestasi selama beberapa tahun. Semakin banyak tahun demi tahun dimana Anda terus berinvestasi, semakin tinggi besaran nilai compounding interest pada aset Anda. Kekayaan bertumbuh semakin cepat.

 

4. AMANKAN DANA DARURAT
Keadaan mendesak dapat terjadi kapan saja. Pengeluaran mendadak di luar perencanaan dapat mengganggu rutinitas investasi Anda. Biaya Rumah Sakit, renovasi dadakan, atau terkena pemutusan hubungan kerja diatur untuk menggunakan Dana Darurat yang sudah Anda persiapkan. Jika belum ada, jadikan misi Anda untuk kumpulkan dana darurat 10 hingga 12 kali penghasilan Anda per bulan. Kami rekomendasikan untuk ditaruh pada instrumen dengan volatilitas rendah seperti reksa dana pasar uang dan surat berharga negara. Ketika situasi darurat terjadi, problem keuangan Anda bisa tetap teratasi dan investasi masih jalan terus.

5. PAHAMI DIRI ANDA DAN HINDARI ASUMSI
Pahami bahwa dalam berinvestasi  menjadi pasif bukan hal yang buruk. Bahkan, menjadi investor pasif adalah lebih baik jika Anda ingin tetap miliki aktivitas sehari-hari tanpa stres dari volatilitas pasar atau kebingungan karena tidak pahami caranya menebak arah grafik. Idealnya tidak ada yang bisa benar-benar membaca naik-turunnya market dengan akurat.
Jika Anda bukan fulltime investor, kami sarankan berinvestasi pada Reksa Dana yang dibentuk oleh Manajer Investasi profesional dan bereputasi baik. Anda akan lebih tenang sambil mengerjakan hal lainnya dibanding menjadi  investor aktif tanpa berbekal pengetahuan yang lengkap mengenai market.

Kami ingin ingatkan, untuk Anda berhati-hatilah dengan siapa Anda menerima nasihat dan jangan terjebak prasangka atau asumsi Anda sendiri. Gejolak itu biasa, abaikan hal kecil. Banyak investor menyesal karena ambil keputusan investasi impulsif atas dasar spekulasi dan emosi. Perbanyak pengetahuan Anda mengenai apa yang pintar dan benar dalam berinvestasi. 


Percaya diri adalah salah satu kunci keberhasilan. Dapatkan kepercayaan diri dengan semakin mengenal investasi yang Anda lakukan, agar anda mampu memenangkan setiap target perencanaan anda. Mengutip investor legendaris, Warren Buffett “The more you learn, the more you’ll earn”

Download aplikasi FUNDtastic dan mulai berinvestasi dengan pintar bersama kami. FUNDtastic hadir untuk memandu perjalanan berinvestasi Anda menuju tercapainya misi keuangan dengan reksa dana yang sudah terkurasi oleh para perencana kekayaan tersertifikasi.

 

investasi, reksa dana, emas, FUNDtastic, misi keuangan, pertumbuhan kekayaan, perencana kekayaan, aplikasi investasi, dollar cost averaging, dana darurat,