Syarat & Ketentuan
Keanggotaan Konsultasi

Perjanjian Keanggotaan Konsultasi ("Perjanjian") ini dibuat pada 2018 antara pihak yang bertanda tangan di bawah ini (selanjutnya disebut sebagai "Klien") dan PT Chandharwealth Mandiri Indonesia ("Konsultan"), suatu perseroan terbatas yang didirikan berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia, berdomisili di Jakarta, Indonesia.

Pendahuluan

  1. Bahwa Klien berkeinginan untuk menjadi salah satu anggota program konsultasi yang dimiliki Konsultan untuk mendapatkan rancangan kekayaan atau keuangan sesuai dengan kondisi keuangan atau kekayaan yang dimiliki Klien saat ini.
  2. Bahwa untuk menjadi anggota Konsultan, Klien harus tunduk pada syarat dan ketentuan dalam Perjanjian ini.
  1. Ruang Lingkup Keanggotaan

Dengan menjadi anggota Konsultan, maka

  1. Konsultan dapat memberikan sebuah konsultasi perencanaan keuangan atas kondisi kekayaan yang dimiliki Klien saat ini, baik dalam bentuk laporan tertulis atau secara online melalui sebuah website milik Konsultan yang dapat diakses langsung oleh Klien.
  2. Konsultan dapat mempersiapkan dan memberikan Klien sebuah simulasi perihal kondisi keuangan dan kekayaan Klien, sehingga Klien dapat merencanakan kondisi keuangannya sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
  3. Konsultan dapat memberikan laporan rencana keuangan secara berkala sekali dalam 1 (satu) tahun atas kondisi kekayaan Klien, dengan persetujuan secara tertulis terlebih dahulu dari Klien.
  1. Persetujuan Klien

Klien dengan menjadi anggota berdasarkan Perjanjian ini, dengan ini:

  1. Klien sepakat untuk memberikan informasi dan/atau dokumentasi yang diminta dan diperlukan oleh Konsultan untuk membuat rencana keuangan Klien, termasuk namun tidak terbatas pada, antara lain, slip gaji, aset yang dimiliki seperti deposito, reksadana, saham, tanah atau bangunan, buku tabungan, catatan pembukuan kartu kredit online dan catatan pembukuan rekening (baik catatan pembukuan rekening online maupun offline) dsb, dan menyetujui masing-masing penggunaannya oleh Konsultan untuk tujuan Perjanjian ini;
  2. Klien dengan ini menunjuk Konsultan (dengan kewenangan penuh dan hak substitusi) untuk menjadi penerima kuasanya dan untuk bertindak untuk dan atas nama Klien untuk mengakses catatan pembukuan kartu kredit online dan catatan pembukuan rekening Klien berdasarkan informasi dan/atau dokumentasi yang diberikan oleh Klien kepada Konsultan untuk tujuan Perjanjian ini, dan Konsultan menerima penunjukan untuk menjadi kuasa dan oleh karenanya untuk bertindak untuk dan atas nama Klien untuk tujuan tersebut;
  3. Klien sepakat dan mengakui bahwa Lampiran A merupakan satu kesatuan dari Perjanjian ini dan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Perjanjian ini;
  4. Klien sepakat untuk membantu mencegah penipuan, dengan cara:
    1. menjaga informasi rahasia Klien pada setiap waktu dan tidak menyebarkannya kepada siapapun;
    2. mengambil tindakan yang wajar untuk mencegah penggunaan yang tidak sah atas informasi rahasia Klien oleh orang lain; dan
    3. menghubungi Konsultan tanpa penundaan jika Klien mengetahui atau mencurigai seseorang mengetahui informasi rahasia Klien atau bertindak seolah-olah sebagai Klien;
  5. Klien mengakui bahwa seluruh resiko, kerugian, pendapatan atau permasalahan yang timbul dari tindakan yang akan dipilih dan dilakukan oleh Klien berdasarkan pada rancangan keuangan yang dibuat oleh Konsultan merupakan resiko dan kerugian yang akan menjadi tanggung jawab dari Klien sendiri dan Konsultan akan dibebaskan dari segala tanggung jawab atas kerugian yang diderita oleh Klien tersebut;
  6. Klien mengakui bahwa Konsultan tidak mengklaim dapat memberikan prediksi yang akurat mengenai pelaksanaan rancangan keuangan di masa depan, apabila terdapat data, informasi, keterangan atau dokumen yang tidak diperlihatkan oleh Klien yang dapat mempengaruhi penilaian Konsultan dalam memberikan hasil rancangan keuangan atas kekayaan Klien.
  7. Klien mengakui bahwa Konsultan dengan usaha terbaiknya telah memberikan evaluasi yang diperlukan sebelum memberikan rancangan keuangan kepada Klien.
  8. Klien sepakat dan mengakui bahwa tugas dan tanggung jawab Konsultan adalah sebatas ketentuan-ketentuan Perjanjian ini. Konsultan tidak bertanggung jawab atas produk keuangan (seperti asuransi, surat berharga) dan jasa keuangan (seperti bank, wali amanat, kustodian, broker atau dealer) yang dipilih, dibeli atau dijual oleh Klien dan setiap pemilihan, pembelian atau penjualan oleh Klien atas produk keuangan dan jasa keuangan apapun sepenuhnya merupakan tanggung jawab mandiri dari Klien. Klien dengan ini membebaskan Konsultan dari segala tanggung jawab atas resiko yang timbul dari setiap pemilihan, pembelian dan/atau penjualan produk keuangan dan jasa keuangan yang dipilih oleh Klien secara mandiri tersebut.
  9. Klien menyatakan dan mengakui bahwa akses Konsultan terhadap catatan pembukuan rekening Klien dapat sewaktu-waktu terhambat atau terbatasi, yang mana penghambatan atau pembatasan tersebut dapat sewaktu-waktu membatasi atau memengaruhi layanan yang diberikan oleh Konsultan kepada Klien. Klien dengan ini membebaskan Konsultan dari segala tanggung jawab yang timbul berdasarkan hambatan atau pembatasan tersebut dan dari setiap tuntututan pihak ketiga terkait dengan akses Konsultan terhadap catatan pembukuan rekening Klien.
  10. Klien menyatakan dan mengakui bahwa dari waktu ke waktu, peraturan perundang-undangan yang berlaku di Negara Republik Indonesia dapat berubah atau dicabut, yang mana perubahan atau pencabutan peraturan perundang-undangan tersebut dapat sewaktu-waktu membatasi atau memengaruhi layanan yang diberikan oleh Konsultan kepada Klien. Klien dengan ini membebaskan Konsultan dari segala tanggung jawab atas perubahan atau pencabutan peraturan perundang-undangan tersebut.
  1. Biaya Pendaftaran Keanggotaan
  1. Klien sepakat untuk membayar biaya- biaya kepada Konsultan dengan rincian sebagai berikut:
    1. Biaya pendaftaran keanggotaan sebesar Rp10.000,- per bulan (Rp120.000,- per tahun) yang wajib dibayarkan paling lambat [3] hari kerja sejak tanggal penandatanganan Perjanjian ini (”Biaya Pendaftaran Keanggotaan”); dan
    2. Konsultan dapat mengadakan promo pada waktu-waktu tertentu dan juga dapat membatalkannya.
  2. Dengan melakukan pembayaran Biaya Pendaftaran Keanggotaan dan Biaya Tahunan, maka Klien berhak untuk mendapatkan konsultasi dari Konsultan sesuai dengan jadwal yang telah disediakan oleh Konsultan kepada Klien.
  3. Klien dan Konsultan sepakat bahwa Konsultan memiliki hak untuk menghentikan keanggotaan Klien apabila Klien tidak atau belum melakukan pembayaran Biaya Tahunan dalam jangka waktu 30 hari kalender terhitung sejak invoice dikeluarkan oleh Konsultan kepada Klien.
  4. Klien dan Konsultan sepakat bahwa pembayaran Biaya Pendaftaran Keanggotaan dan Biaya Tahunan pada tanggal yang tercantum dalam invoice yang dikeluarkan oleh Konsultan kepada Klien.
  1. Persetujuan Konsultan
  1. Konsultan tidak menjamin atas segala keputusan Klien di masa depan untuk memilih dan melaksanakan produk keuangan, jasa keuangan, strategi atau rekomendasi yang telah dibuat oleh Konsultan.
  2. Konsultan merekomendasikan bahwa Klien menyelesaikan dan melaksanakan perencanaan keuangan secara komprehensif sesuai dengan kondisi kekayaannya untuk mendapatkan hasil sesuai dengan tujuan yang diinginkan oleh Klien.
  1. Petunjuk untuk Konsultan

Konsultan dapat meminta bahwa seluruh petunjuk, instruksi dan/atau pemberitahuan dari Klien kepada Konsultan diberikan secara tertulis. Konsultan akan dilindungi secara penuh terhadap setiap petunjuk, pemberitahuan atau instruksi sampai dengan hal tersebut telah disarankan secara tertulis pula mengenai perubahan tersebut.

  1. Tanggung Jawab Konsultan

Kecuali diatur lain oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku, Konsultan tidak akan bertanggungjawab atas tindakan, kelalaian atau kerugian sehubungan dengan Perjanjian ini termasuk, namun tidak terbatas pada, tindakan setiap badan pemerintah atau badan pengawas dan/atau tindakan dan kelalaian dari profesional lain atau penyedia layanan pihak ketiga yang dipilih oleh Klien.

  1. Pengalihan

Perjanjian ini tidak dapat dialihkan oleh Klien ataupun Konsultan tanpa didahului dengan persetujuan tertulis dari pihak lainnya.

  1. Pengakhiran

Perjanjian ini akan tetap berlaku, kecuali:

  1. Perjanjian diakhiri oleh salah satu pihak dengan pemberitahuan tertulis kepada pihak lainnya (pemberitahuan melalui email tidak akan mencukupi), pemberitahuan tertulis tersebut harus ditandatangani oleh pihak yang mengakhiri dan diterima oleh pihak lainnya paling lambat 10 (sepuluh) hari kerja sebelum tanggal pengakhiran; atau
  2. Pengakhiran dari Perjanjian ini tidak akan berpengaruh kepada (i) tanggung jawab atau kewajiban dari para pihak sebelum pengakhiran dari Perjanjian ini; atau (ii) kewajiban dari Klien untuk membayar Biaya Pendaftaran Keanggotaan dan/atau Biaya Tahunan (prorata sejak tanggal Perjanjian ini). Terhitung sejak pengakhiran dari Perjanjian ini, Konsultan tidak memiliki kewajiban untuk memberikan rancangan keuangan atas kekayaan Klien dalam bentuk apapun dan Klien tidak akan dapat mengakses keanggotaan Klien secara online.
  1. Layanan Non-Eksklusif
  1. Klien dengan tegas mengakui dan memahami bahwa Konsultan dapat secara bebas memberikan layanan rancangan keuangan untuk orang lain. Perjanjian ini tidak akan memberikan kewajiban kepada Konsultan untuk membeli atau menjual, atau merekomendasikan penjualan atau pembelian, untuk atau atas nama Klien.
  2. Klien dengan tegas mengakui dan memahami bahwa Konsultan memberikan rancangan keuangan untuk berbagai klien. Tidak satupun dalam Perjanjian ini akan membatasi Konsultan dari memberikan jasa rancangan keuangan untuk setiap orang, atau untuk terlibat dalam setiap kegiatan usaha lain selama Perjanjian ini atau perpanjangannya, pembaharuan atau perubahan Perjanjian ini akan tetap berlaku, atau sampai Konsultan harus menyetujui sebaliknya. Konsultan akan mempertimbangkan keadaan individual Klien dengan menggunakan pendapat profesional dan pengalaman Konsultan untuk memberikan rancangan keuangan sesuai dengan situasi keuangan yang dimiliki Klien.
  1. Kematian atau Cacat

Kematian, cacat atau ketidakmampuan Klien tidak akan menghentikan atau mengubah ketentuan Perjanjian ini. Namun, pelaksana Klien, wali, kuasa hukum atau perwakilan resmi lainnya dapat mengakhiri Perjanjian ini dengan memberikan pemberitahuan tertulis 10 (sepuluh) hari kerja sebelumnya kepada Konsultan sesuai dengan ketentuan pemutusan yang dijelaskan dalam Perjanjian ini.

  1. Kerahasiaan
  1. Semua informasi yang diberikan oleh Klien untuk Konsultan, termasuk identitas Klien, merupakan informasi rahasia dan akan diperlakukan dengan rahasia. Konsultan setuju untuk tidak secara sukarela mengungkapkan informasi rahasia tanpa persetujuan Klien terlebih dahulu (kecuali diwajibkan oleh hukum, perintah pengadilan atau arahan dinas, atau kecuali Konsultan menggangap, menurut pendapat wajarnya, bahwa hal tersebut akan dipaksa oleh pengadilan atau badan pemerintah, atau kecuali informasi tersebut telah menjadi tersedia untuk umum atau diketahui selain sebagai akibat dari tindakan dari Konsultan). Dalam hal Konsultan dipaksa untuk mengungkapkan informasi rahasia oleh proses hukum, Konsultan akan mencoba untuk memberikan pemberitahuan tertulis terlebih dahulu kepada Klien.
  2. Tanpa mengesampingkan ayat (1) di atas, Klien menyetujui bahwa Konsultan dapat, dari waktu ke waktu, memberikan seluruh informasi yang diberikan oleh Klien kepada Konsultan ke [*] selaku pihak pemberi kerja dari Klien. Klien memahami akibat dari pemberian informasi tersebut dan membebaskan Konsultan dari setiap tanggung jawab terkait penggunaan oleh [*] atas setiap informasi yang diberikan oleh Konsultan tersebut.
  1. Keterpisahan

Setiap ketentuan atau pengaturan dalam Perjanjian ini yang tidak sah atau tidak dapat dilaksanakan di wilayah hukum apapun harus, untuk wilayah hukum tersebut, menjadi tidak efektif sejauh ketidaksahan atau ketidakberlakuan tersebut tanpa membuat tidak sah atau tidak dapat diterapkan ketentuan atau pengaturan yang tersisa dalam Perjanjian ini atau mempengaruhi keabsahan atau keberlakuan dari setiap ketentuan atau pengaturan dari Perjanjian ini dalam wilayah hukum tersebut atau wilayah hukum lain.

  1. Pemberitahuan

Pemberitahuan tertulis yang dipersyaratkan dalam Perjanjian ini akan dikirim melalui pos dan akan dianggap diberikan ketika diterima di alamat masing-masing pihak yang ditunjukkan pada halaman satu dari Perjanjian ini. Salah satu pihak harus memberitahu pihak lain secara tertulis dari alamat yang berbeda.

  1. Pengiriman Elektronik

Klien memberikan kewenangan pada Konsultan untuk mendistribusikan bahan dan informasi untuk klien dalam format elektronik ke alamat email yang disediakan di halaman sebelumnya atau seperti yang disediakan oleh Klien.

  1. Hukum yang Berlaku

Perjanjian ini menggantikan dan menggantikan, secara keseluruhan, semua perjanjian(-perjanjian) konsultasi antara para pihak. Sejauh tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku, Perjanjian ini akan diatur oleh dan ditafsirkan sesuai dengan hukum Republik Indonesia.

  1. Kewenangan

Klien mengakui bahwa Klien memiliki semua kewenangan hukum yang diperlukan untuk melaksanakan Perjanjian ini. Klien sehubungan dengan ini setuju untuk segera memberitahukan Konsultan, secara tertulis, jika salah satu dari pernyataan ini harus berubah.

  1. Penyelesaian Sengketa
  1. Apabila timbul suatu perselisihan dalam penafsiran dan/atau pelaksanaan Perjanjian ini, para pihak sepakat untuk menyelesaikannya dengan jalan musyawarah.
  2. Apabila dengan jalan musyawarah tidak berhasil, selanjutnya para pihak setuju untuk mengajukan penyelesaian melalui Pengadilan Negeri dan memilih domisili tetap dan tidak berubah di Kantor Panitera Pengadilan Negeri Jakarta Utara.
  1. Tidak Ada Pengesampingan

Kegagalan salah satu pihak untuk menolak atau mengambil tindakan lain sehubungan dengan pelaksanaan pihak lain yang mungkin menjadi pelanggaran Perjanjian ini tidak akan dianggap sebagai pengabaian dari pelanggaran tersebut atau pelanggaran dimasa yang akan datang atau perilaku yang salah.

  1. Bahasa

Perjanjian ini dibuat dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Kedua versi adalah sama-sama otentiknya. Jika terdapat ketidaksesuaian atau perbedaan interpretasi antara versi [Bahasa Indonesia] dan versi [Bahasa Inggris], versi [Bahasa Indonesia] dianggap secara otomatis dirubah (berlaku efektif sejak tanggal penandatangan Perjanjian ini) untuk membuat bagian versi [Bahasa Indonesia] yang bersangkutan konsisten dengan bagian versi [Bahasa Inggris] yang bersangkutan.

DEMIKIANLAH, Klien dan Konsultan telah masing-masing menandatangani Perjanjian ini pada hari, bulan dan tahun yang ditulis di halaman berikut, dengan menandatangani di halaman berikut dan di bawah ini. Dengan menandatangani dan menanggalkan di bawah ini:

  1. Saya mengakui penerimaan dan pemahaman dalam Perjanjian ini dan semua ketentuan yang ditetapkan di dalamnya; dan
  2. Setuju untuk mematuhi ketentuan yang ditetapkan dalam Perjanjian ini.