fundtastic_Auq865R3WIQFz47KlCa9-1699599542.png
KEUANGAN 10 November 2023

Kok Bisa Reksa Dana Saham Bersinar, Saat Pasar Ambyar?


FUNDtastic.co.id – Reksa dana saham kerap dipilih oleh investor agresif untuk memaksimalkan keuntungan yang diperoleh. Prospek reksa dana saham kian menarik saat melihat kinerja perusahaan yang baik. 


Meski begitu tetap perlu diwaspadai hal-hal yang mengintai investor seperti potensi gejolak di pasar keuangan global dan ketegangan geopolitik. Lalu, bagaimana reksa dana saham bisa memberikan keuntungan untuk investor?


Kenalin nih strategi investasi Dollar Cost Averaging, disingkat menjadi DCA. Strategi satu ini aman dan ampuh digunakan pada investasi reksa dana saham, yang terbilang berisiko dan volatil. Terutama bila kamu berinvestasi dalam jangka panjang.


Prinsip strategi DCA adalah menginvestasikan nominal dana yang sama secara rutin, dalam setiap periode waktu tertentu. Fundtastic sebagai pelopor otomasi investasi menawarkan fitur pengembangan strategi ini yang bernama Auto DCA, yuk kita liat simulasi berikut.


Semisal, Tasya menyisihkan Rp1.000.000 setiap bulan (atau Rp250.000/minggu) untuk berinvestasi di reksa dana BNP Paribas dengan Auto DCA. 


Dana Tasya akan ditampung dahulu di reksa dana pasar uang (BNP Paribas Rupiah Plus), kemudian dipindahkan otomatis (switching) ke  reksa dana saham (BNP Paribas Ekuitas) setiap minggunya, sehingga Tasya memperoleh rata-rata harga unit yang optimal.


Keuntungan Tasya setelah berinvestasi Auto DCA dalam waktu 3, 5, 10 dan 15 tahun adalah sebagai berikut.



Dari simulasi di atas dapat dilihat bahwa reksa dana saham berpotensi memberikan keuntungan dalam jangka panjang, dengan kondisi fluktuatif ekonomi di 15 tahun lalu dan tanpa perlu memiliki modal besar di awal investasi. 


Ayo investasi rutin pakai Auto DCA sekarang dan nikmati keuntungan, serta berbagai promo menarik!

Sebelumnya Bagikan Akhir