fundtastic_5z0Ki4wIF9cYG1b2CDhd-1656677057.png
KEUANGAN 01 July 2022

TAMBAH KAYA TANPA MELAKUKAN APA-APA. BEGINI TRIKNYA!


Ada yang lebih heboh dibanding berita Kylie Jenner punya anak ke-2. Begitu dipost di socmed, pasti langsung pada gercep kepo dan ngikutin.. Penasaran kan? Tahta yang bisa ngalahin trendingnya Kylie Jenner jatuh kepada hasil trading investasi. Pengalaman auto cuan yang tinggi banget itu kalo ada temen-temen lain yang ngepost dijamin kamu pasti auto kepo sama rahasia mereka. Dijamin deh, balesan DM “saham / crypto mana tuh?” dari posting yang kayak gini pasti lebih heboh daripada fans yang nge-DM “congrats, Kylie!”

 

“Kok bisa sih untungnya investasi seenak itu?” Well simpelnya, trading itu berusaha untuk beli instrumen investasi di harga paling rendah, terus dijual waktu harga naik di posisi paling tinggi. Investasi jangka pendek ini, harapannya, bisa mendapatkan keuntungan yang besar dalam waktu singkat pada momen yang tepat. Yang jadi masalah itu, pasar investasi bisa berfluktuasi setiap saat dengan hebatnya. Malah, kalo dipelototin terus, harganya bisa berubah setiap detik, siap dag dig dug terus seperti kalau ketemu mantan?

 

Mending kita berinvestasi untuk jangka panjang pada instrumen yang secara profesional dikelola oleh manajer investasi berpengalaman. Ga ada kata terlambat untuk memulai investasi dengan mindset yang benar. Apa sih investasi yang tepat dan mindset yang benar? Yuk, baca sedikit lagi biar tau!

 

Literasi

Banyak-banyak baca tentang beragam jenis investasi yang ada di pasar, resikonya dan manfaatnya untuk kamu. Pastikan sumber referensi kamu adalah yang terpercaya. Mereka harus mengerti betul tentang bagaimana trik finansial dan investasi yang cocok dengan profil misi keuangan kamu. Ingat ya, gak semua selebriti dan influencer bisa jadi investment guru lho. Kamu bisa jadikan mereka referensi tapi strategi yang tepat hanya sesuai dengan cita-cita finansialmu. Kalau masih ragu dengan tujuan dan instrumen apa yang pas, kamu bisa konsultasi dengan certified financial planner yang berpengalaman melalui aplikasi FUNDtastic.

 

Manfaatkan Manajer Investasi

Pernah nonton drakor Start Up kan? Nah, cowo kece macam Han Ji Pyeong ga cuma sekedar di TV. Di dunia nyata juga ada orang-orang yang bekerja sebagai manajer investasi. Mereka udah punya sertifikat dan memang hidupnya belajar segala hal di dunia investasi, bestie. Dengan pengalaman dan akses yang mereka punya, rasanya jadi lebih percaya gitu ya saat kita taro dan percayakan aset kita pada mereka! Dibanding sama harus botak belajar investasi, belom juga masih ngurusin kerjaan lain yang numpuknya udah kayak menara monas. Sudah menjadi misi mereka untuk menciptakan produk reksadana yang mendatangkan cuan bagi kita para investor.

 

Strategi Dollar Cost Averaging

Nah, yang satu ini WAJIB kamu tau sih. Dollar Cost Averaging atau yang dikenal dengan DCA. DCA adalah strategi yang pertama kali diperkenalkan oleh Benjamin Graham–seorang ahli ekonomi, profesor, dan investor–dalam bukunya “The Intelligent Investor”. Asik, pinter banget gak tuh? Pasti caranya juga jitu secara investor selegendaris Warren Buffet juga menerapkannya! Sederhananya DCA adalah melakukan investasi dengan jumlah yang sama setiap minggu atau bulannya, tanpa peduli apa yang terjadi di pasar. Penerapan strategi DCA bakal jauh lebih menguntungkan lagi kalau dipakai pada investasi reksadana. Investasi tidak perlu dengan modal besar yang penting disiplin dan konsisten dengan jumlah yang sudah kamu tentuin di awal sesuai dengan perencanaan keuangan bulanan. Waktu harga pasar turun, kamu bisa beli jumlah yang lebih besar. Sebaliknya, waktu harga pasar naik, kamu bisa beli jumlah yang lebih sedikit. Simple banget kan? Kegiatan ini terus dilakukan secara rutin dalam jangka waktu yang panjang. Akhirnya, kamu akan mendapatkan keuntungan yang resikonya minim, bisa sampe mendekati 0% loh!. Lebih hebatnya lagi, strategi DCA ini akan menghilangkan keputusan emosional dan impulsif yang jarang banget berfaedah dalam menumbuhkan kekayaan kamu.

 

Meski investasi tetap ga bisa jauh dari yang namanya volatilitas, tapi cara yang paling tepat adalah komitmen. Prinsipnya beda ya, kalo ga bisa dikasih kepastian sama doi ya tinggal aja. Tapi, kalo investasi harus komitmen, Kenapa? Karena instrumen investasi dasarnya emang akan terus naik harganya dan menghasilkan keuntungan optimal buat investor. Taaapppiiiii, namanya bangun misi keuangan itu butuh proses, ga bisa instan dan cepat, kecuali kamu anak sultan! canda anak sultan… Tanamkan mindset tersebut ya bestie, so jangan ragu untuk investasi, sekarang!

Gimana, sudah merasa lebih yakin dengan berinvestasi rutin untuk jangka panjang? Mulai tentukan reksadana yang cocok untuk kamu, terapkan Dollar Cost Averaging secara otomatis di aplikasi FUNDtastic, dan investasi sekarang!

investasi, Reksadana, emas, FUNDtastic, misi keuangan, pertumbuhan kekayaan, perencana kekayaan, aplikasi investasi, dollar cost averaging dan dana darurat.