fundtastic_bG3mSnL7FZXejNJglW0C-1655467352.png
KEUANGAN 17 June 2022

Why invest and not trade?


Dalam kegiatan pasar modal, terdapat 2 jenis pendekatan berbeda yang investor lakukan, yaitu trading yang merupakan proses transaksi yang berlangsung dalam pasar finansial di mana sistem kerjanya adalah sering-sering menjual dan membeli aset dalam waktu yang singkat dan investasi. 


Teknik trading menawarkan resiko yang tinggi, dan keuntungan yang cepat. Sedangkan investasi reksa dana menawarkan resiko yang relatif lebih rendah dan aman, dengan pertumbuhan kekayaan secara bertahap. 


Seseorang yang melakukan kegiatan investasi dengan trading akan banyak melakukan spekulasi, ditujukan untuk mendapatkan keuntungan dalam waktu singkat dengan mengandalkan transaksi jual-beli, yang bergantung pada ketepatan menebak pergerakan harga pada rentang waktu yang sangat mepet. Seringkali hasil yang diperlihatkan terkesan sangat mudah, cepat, dan dengan margin yang besar. Namun, perlu diketahui bahwa untuk melakukan trading, meski hasilnya bisa sangat menguntungkan dalam waktu singkat, ada juga resiko besar bahwa hasilnya bisa sangat merugikan, dalam waktu yang sangat singkat juga. Sebuah survey terhadap 1.600 trader di tahun 2020 menemukan hanya 3?ri mereka saja yang menikmati keuntungan dari day trading.


Namun sebaliknya, studi lain mengungkapkan temuan bahwa semakin lama investor bertahan dan terus rutin berinvestasi pada instrumen pilihannya, risiko kerugian semakin menipis, bahkan kemungkinan merugi bisa 0% jika dilakukan selama 20 tahun. Jadi, jika Anda baru akan mulai berinvestasi dan tidak punya cukup waktu untuk selalu memonitor laporan pertumbuhan setiap saat, maka berinvestasi pasif untuk jangka panjang menjadi jawaban yang terbaik.


Berinvestasi jangka panjang tidak seharusnya diperlakukan sebagai sesuatu yang akan memberikan hasil instan. Kegiatan ini membutuhkan waktu, komitmen, dan juga konsistensi. Seorang investor harus disiplin untuk rutin berinvestasi pada produk reksa dana yang tepat dan sesuai misi keuangannya agar kemudian dinikmati hasilnya. 


Investasi jangka panjang tidak menghindarkan Anda dari fluktuasi pasar. Tetapi secara jangka panjang, berinvestasi rutin dan jangka panjang akan memiliki potensi yang lebih baik. Bayangkan, volatilitas adalah badai hujan yang terjadi di daerah beriklim tropis. Badai pasti berlalu, jadi jangan bereaksi pada situasi mendebarkan yang hanya berlangsung sebentar saja.  Kuncinya adalah kesabaran dan disiplin untuk terus menambah nilai nominal investasi Anda.


Bagi Anda yang memiliki tujuan finansial di masa depan, Anda bisa menyesuaikan tujuan tersebut dengan pilihan portofolio reksa dana yang ada di FUNDtastic. Identifikasi penetapan tujuan seperti jumlah yang ingin dicapai pada waktu tertentu, akan membantu Anda untuk memilih reksa dana yang sesuai. Certified Financial Planner FUNDtastic siap membantu Anda mempertajam rencana keuangan dan investasi Anda dengan mengurasi setiap reksa dana dengan fokus memenuhi tujuan tersebut.


Portofolio reksa dana akan menggabungkan saham, obligasi, dan kas sebagai suatu strategi yang kuat untuk memberikan keuntungan yang optimum dan sesuai dengan profil investor beserta tujuannya. Portofolio reksa dana yang tersebar dalam berbagai macam instrumen dan bidang usaha akan meminimalisir resiko dan dampaknya pada dana yang ditanamkan. Bila ada satu bidang usaha yang sedang mengalami penurunan, maka kerugian bisa ditutupi oleh keuntungan dari instrumen dan bidang usaha lainnya. Tanpa repot-repot meragamkan investasi Anda, dengan berinvestasi pada reksa dana Anda langsung otomatis mempraktekan diversifikasi. Ingat, jangan pernah letakkan semua ‘telur dalam satu keranjang’.



Mulailah kegiatan berinvestasi pasif dengan konsisten untuk jangka waktu yang panjang. Fitur Wealth Creation pada aplikasi FUNDtastic akan memudahkan Anda menganalisis misi finansial, produk reksa dana yang dipilih, Manajer Investasi yang cocok, dan fungsi menabung rutin yang terotomasi untuk membuat Anda tetap komitmen meraih mimpi finansial. Wujudkan misi keuangan Anda dengan jaminan keamanan aset, serta portofolio yang diversifikasi melalui Reksa Dana bersama FUNDtastic.

 

investasi, Reksa Dana, emas, FUNDtastic, misi keuangan, pertumbuhan kekayaan, perencanaan kekayaan, aplikasi investasi, dollar cost averaging dan dana darurat.