fundtastic_sibK8POfD4WeMoxCLB3E-1653485924.png
KEUANGAN 25 May 2022

INVESTASI AMAN? REKSA DANA KUNCINYA!


Belakangan ini banyak sekali berita kanan kiri mengenai beragam jenis investasi yang menjanjikan kekayaan dengan cepat. Terkuaknya berita investasi bodong bikin orang jadi takut memulai investasi. Jangan - jangan bakal kena tipu juga. Nah loh…

FUNDtastic kali ini ingin mengajak Anda untuk ‘PDKT’ dengan salah satu produk investasi yang relatif lebih aman karena kecenderungan risikonya lebih rendah dibanding kebanyakan instrumen investasi lain, yaitu Reksa Dana. Apa sih sebenernya Reksa Dana, dan apa aja contoh produk yang bisa kita beli?

Reksa Dana merupakan salah satu pilihan instrumen investasi aman, terutama bagi investor pemula yang memiliki waktu terbatas dalam menghitung risiko investasinya. Reksa dana dapat memberikan stabilitas dalam portofolio Anda, yang dirancang untuk membantu mewujudkan misi keuangan Anda.Reksa Dana juga menggunakan strategi diversifikasi, membantu Anda memutuskan bagaimana mengalokasikan porsi berbagai instrumen investasi diportofolio Anda. Misalnya, membeli satu Reksa Dana Saham yang memenuhi kriteria berdasarkan misi keuangan pribadi, lebih mudah daripada meneliti perusahaan satu per satu untuk berinvestasi pada saham mereka. Dengan membeli produk reksa dana saham besutan Manulife Aset Manajemen Indonesia, Manulife Saham Andalan, Anda langsung memiliki saham BCA, Astra, Bank Mandiri, BRI, Goto, Adaro Energy yang memang adalah bagian dari diversifikasi komposisi produk Manulife Saham Andalan.

Setiap reksa dana dikomposisikan Manajer Investasi yang profesional. Mereka bertanggung jawab atas uang yang terkumpul dari para investor reksa dana tersebut. Tujuan utama Manajer investasi adalah untuk menghasilkan pendapatan bagi investor produk buatan mereka yang kemudian menumbuhkan aset atau kekayaan para investor tersebut. 

Susunan risiko yang berbeda membuat reksa dana memiliki kecenderungan sifat open-end fund, yang mana tidak memiliki batasan jumlah saham/unit yang dapat diterbitkan. Pemegang unit dapat bertransaksi langsung dengan penyedia produk reksa dana, seperti FUNDtastic, untuk menambah atau mengurangi kepemilikannya, menyesuaikandengan tujuan investasi dan misi keuangan yang dituju. Investasi reksa dana dengan Dollar Cost Averaging akanmembantu memperoleh lebih banyak keuntungan dari waktu ke waktu, asal dilakukan secara konsisten selama jangka waktu yang panjang. Baca artikel di sini untuk penjelasan lengkap mengenai strategi Dollar Cost Averaging

 

 

FUNDtastic menawarkan layanan untuk memilih Manajer Investasi, serta meninjau dan merekomendasikan Reksa Dana mereka yang sudah dikurasi oleh para perencana keuangan bersertifikat untuk mencapai misi keuangan Anda yang berbeda-beda. 

Berikut beberapa contoh reksa dana umum diminati investor, yang dapat Anda beli melalui aplikasi FUNDtastic  : 


  1. Reksa Dana Pasar Uang : 

Jenis reksa dana ini adalah portofolio yang konservatif dengan komposisi dari utang jangka pendek atau obligasi, surat berharga, deposito berjangka, kas dan setara kas. Reksa Dana pasar uang bertujuan untuk mempertahankan nilai aset bersih, sambil membayar sejumlah bunga yang masih harus dibayar kepada pemegang dana. 

Banyak investor gunakan reksa dana pasar uang ini untuk mengalokasikan uang tunai sebelum menyebarkannya ke investasi lain atau pengeluaran pribadi. Reksa dana pasar uang juga pilihan terbaik untuk menyimpan dana darurat Anda.  Produk reksa dana pasar uang terbaik yang bisa Anda dapatkan di aplikasi FUNDtastic antara lain:

  • REKSA DANA SYAILENDRA DANA KAS (5,87%)

  • REKSA DANA BNI AM DANA LIKUID (5,8%)

  • REKSA DANA PRINCIPAL CASH FUND (5,03%)


  1. Reksa Dana Pendapatan Tetap 

Jenis reksa dana ini berinvestasi dalam pendapatan tetap seperti obligasi korporasi, pemerintah, kota atau konversi. Obligasi memiliki kecenderungan investasi yang lebih konservatif dibandingkan saham dan ditempatkan lebih tinggi di atas saham dalam rantai likuidasi. Pendapatan reksa dana obligasi berasal dari kumpulan pembayaran bunga dan distribusi kepada pemegang dana obligasi. Kecenderungan dana obligasi yang konservatif menyebabkan kurang berfluktuasi nilainya dibandingkan reksa dana saham. Umumnya reksa dana obligasi mengalami penurunan harga yang disebabkan kenaikan suku bunga, sedangkan nilai obligasi meningkat saat suku bunga turun.

Beberapa produk reksa dana obligasi terbaik di FUNDtastic:

  • REKSA DANA MANDIRI INVESTA DANA SYARIAH (MID-SYA) (10,48%)

  • REKSA DANA SYAILENDRA FIXED INCOME FUND (7,98%)

  • REKSA DANA TRIM DANA TETAP 2 (7,39%)

 

  1. Reksa Dana Saham 

Jenis reksa dana saham bertujuan untuk membangun aset dari waktu ke waktu yang cenderung memakai rentang waktu jangka panjang, dengan volatilitas jangka pendek yang cukup tinggi. Reksa dana saham lebih banyak berinvestasi dalam saham-saham  perusahaan dalam negeri dan internasional.

Reksa dana saham dengan performa terbaik setahun belakangan ini di aplikasi FUNDtastic:

  • REKSA DANA BNP PARIBAS EKUITAS (rata2 growth 14,01% per tahun)

  • REKSA DANA BNP PARIBAS PESONA (rata2 growth 13,67% per tahun)

  • REKSA DANA MANULIFE DANA SAHAM KELAS A (rata2 growth 13,57% per tahun)

 

Investasi Anda bergantung atas keputusan Anda pribadi, karena hanya Anda yang dapat menentukan tujuan keuangan dan strategi investasi Anda.. Perbanyak literasi terutama tentang pilihan reksa dana Anda. Terapkan strategi menabung rutin secara konsisten dalam jangka waktu panjang. Penelitian oleh Vanguard menemukan bahwa risiko kerugian berinvestasi akan turun hingga 0% jika berinvestasi pada instrumen yang sama selama 20 tahun.

Gimana, sudah merasa lebih dekat dengan Reksa Dana? Mulai tentukan produk yang cocok bagi Anda, dan investasi sekarang!

investasi, Reksa Dana, emas, FUNDtastic, misi keuangan, pertumbuhan kekayaan, perencana kekayaan, aplikasi investasi, dollar cost averaging dan dana darurat.