fundtastic_lkfXMeNzPaiuGO9V2xmR-1646967384.jpg
KEUANGAN 07 March 2022

Ingin Berinvestasi dengan Tenang?


Investasi apa yang akan Anda pilih? Pastikan jangan berinvestasi hanya kebetulan sedang trend, lho. Pertimbangkan terlebih dahulu kondisi finansial Anda sebelum berinvestasi. Banyak orang yang salah mengambil langkah karena mereka belum mempersiapkan kondisi finansial mereka sebelumnya lalu memilih investasi yang salah. Hal ini bisa berdampak besar terhadap kehidupan, tergantung seberapa besar risiko investasinya. Namun, bagaimana cara kita mempersiapkan finansial kita dengan lebih matang sebelum berinvestasi?

Persiapan finansial sebelum berinvestasi diharuskan karena saat berinvestasi maka uang yang kita gunakan untuk berinvestasi tidak bisa menjadi dana untuk pengeluaran sehari-hari kita. Amankan dana darurat Anda, agar meskipun terjadi hal-hal tak terduga yang membutuhkan biaya besar, Anda tidak menghentikan rutinitas investasi. Selain persiapan finansial, kita juga harus mengetahui dahulu tentang Misi Keuangan kita dalam berinvestasi. Misi kalau dalam perusahaan merupakan tujuan perusahaan dan menjadi tujuan setiap karyawan dalam perusahaan sedangkan untuk Misi Keuangan dalam individu menjadi tujuan finansial yang ingin kita gapai dengan cara berinvestasi dengan orang-orang yang bersangkutan. 

Persiapkan dengan matang kesehatan finansial kita sebelum melakukan investasi, dengan cara jitu berikut ini:

1. Ketahui penghasilan pokok per bulan

Harta yang dimaksud bukan berupa barang fisik seperti rumah atau mobil. Penghasilan yang kita dapatkan per bulannya dan dikurangi pengeluaran wajib juga termasuk harta. Dengan mengetahui ini maka kita bisa memangkas pengeluaran-pengeluaran yang tidak dibutuhkan dan menyesuaikan dengan kemampuan kita tiap bulannya. Sehingga finansial kita akan tetap aman dan setiap bulannya tidak akan ada kekurangan.

 2. Amankan dana darurat

Uang yang kita gunakan sebagai investasi ini tidak boleh dihitung pada persiapan finansial. Karena dana untuk investasi akan ditinggalkan atau dilepaskan dari kebutuhan kita, contohnya tabungan itu tidak akan disentuh selama bertahun-tahun untuk mencapai tujuan kita menabung / kita sebut investasi low risk. Sedangkan mengenai dana darurat adalah dana dipersiapkan jika sewaktu-waktu bisa digunakan bila ada pengeluaran tidak terduga seperti harus dirawat di rumah sakit, keadaan rumah yang buruk sehingga diharuskan renovasi, ataupun kehilangan pekerjaan. Disarankan untuk memiliki dana cadangan setidaknya 3 – 6 bulan dari pengeluaran kita  dan pada masa pandemi disarankan sampai 12 bulan dari pengeluaran kita.

3. Tujuan untuk Berinvestasi

Berinvestasi menjadi salah satu cara ideal untuk persiapan finansial masa depan dan yang paling penting adalah menetapkan tujuan dari investasi tersebut seperti misalnya, untuk uang muka rumah, menikah, atau dana pensiun. Dengan begitu, kita bisa memilih jenis investasi yang dipilih. Apakah reksa dana pendapatan tetap yang return-nya tidak terlalu besar namun cenderung stabil nilainya, atau saham yang dapat memberikan keuntungan berlipat tapi berisiko tinggi. Dengan tentukan misi keuangan, Anda lebih mudah termotivasi untuk tetap fokus untuk terus berinvestasi hingga misi tercapai.

4. Penggunaan Kartu Kredit

Kartu kredit menjadi pengganti uang sementara yang digunakan untuk pembayaran tagihan rumah sakit dan gunakanlah jika kita yakin bahwa kita memiliki dana yang cukup untuk membayar tagihannya. Di sini kita akan terlatih untuk mematangkan rencana finansial kita dan hindari tergoda menggunakan kartu kredit hanya dikarenakan ada sale. Banyak kartu kredit menawarkan poin yang bisa Anda gunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Nah setelah Anda mengetahui pentingnya persiapan finansial sebelum melakukan investasi, sekarang saatnya Anda investasi di tempat yang aman tanpa resiko abal-abal. FUNDtastic ada untuk membantu Anda mempersiapkan rencana finansial dan memberikan solusi investasi yang aman! Bagaimana sih cara FUNDtastic membantu finansial Anda?

1. Memiliki Fitur Misi Keuangan, Reminder dan Rekomendasi

Fitur Misi Keuangan, Reminder dan Rekomendasi membantu mewujudkan mimpi Anda dalam membeli rumah, jalan-jalan, menikah dan sebagainya. Fitur ini membuat Anda bisa membangun Misi Keuangan yang ingin dicapai dan waktunya pun bisa diset loh! Misi Keuangan ini mempunyai sistem reminder dan rekomendasi. Reminder akan membantu untuk mengingat bahwa ada Misi yang harus Anda penuhi sehingga Anda tidak bisa beralasan lupa! Sedangkan fitur rekomendasi akan muncul setiap saat Anda membuat Misi Keuangan Anda dengan cara menginformasikan tentang produk-produk investasi yang dianjurkan untuk Anda ambil supaya mencapai Misi Keuangan Anda. Investasi yang direkomendasikan adalah Investasi yang bisa membantu Anda mewujudkan tujuan keuangan, dan juga memberitahukan kepada Anda jumlah yang bisa didapatkan per bulannya pada setiap produk-produk investasi yang direkomendasikan. Semua ini akan terhubung langsung dengan Misi Keuangan Anda dan dapat dipantau pergerakannya secara langsung.

2. Konsultasi pada Perencana Kekayaan Tersertifikasi (Certified Financial Planner)

Seringkali waktu berinvestasi Anda pasti kebingungan memilih mana yang lebih baik atau lebih AMAN untuk Anda pilih. Jangan khawatir! FUNDtastic memiliki fitur konsultasi loh! Konsultasi ini dilakukan bukan dengan robot ataupun sistem secara otomatis melainkan orang-orang berpengalaman dalam berinvestasi. Anda bisa berkonsultasi dengan Perencana Kekayaan Tersertifikasi yang berpengalaman dan mereka dapat membantu atau membimbing Anda dalam memberikan panduan atau arahan untuk produk investasi mana yang lebih baik Anda beli agar mendapat imbal hasil yang optimal sesuai dengan Misi Keuangan Anda. Fitur Konsultasi merupakan fitur yang dapat membantu Anda sehingga investasi Anda menjadi lebih aman karena Anda dapat memiliki opini tambahan dalam perjalanan mencapai Misi Keuangan dan membangun kekayaan Anda.

Jadi, tidak takut berinvestasi lagi kan? Mulailah berinvestasi secara bijak dengan Misi Keuangan yang matang bersama FUNDtastic! Yuk, pelajari lebih lanjut tentang FUNDtastic disini!


investasi, reksa dana, emas, FUNDtastic, misi keuangan, pertumbuhan kekayaan, perencana kekayaan, aplikasi investasi, dollar cost averaging.