Tips Kelola THR dan Bonusmu ala Warren Buffet

Tips Kelola THR dan Bonusmu ala Warren Buffet

Mendekati libur lebaran, sudah mulai mengandai-andai gaji kali ini ditambah THR dan mungkin bonus bakal untuk apa aja? Yuk, simak tips kelola THR dan Bonusmu ala Warren Buffet berikut ini.

SESUAIKAN KONDISI KEUANGANMU

Seseorang yang sukses seperti Warren Buffet selalu melihat potensi pada dirinya. Dalam hal keuangan pribadi, budgeting dan tinjau ulang merupakan hal dasar untuk memaksimalkan potensi keuangan pribadi. Sama seperti keuangan bulananmu, THR dan bonus harus dilakukan budgeting untuk menghindari pengeluaran yang masif atau pengeluaran untuk pemenuhan keinginan semata. Ya, memang datangnya sekali setiap tahun, tapi bukan berarti langsung dibablas begitu saja, kan?

SELALU MULAI DENGAN TABUNGAN DAN INVESTASI

Sebagian besar dari kita sangat sulit untuk menabung maupun berinvestasi. Kenapa? Karena kamu selalu menabung dan berinvestasi dari sisa pendapatanmu setiap bulan. Salah besar! Satu hal yang harus langsung kamu lakukan begitu dapat THR dan bonusmu adalah simpan ke pos tabungan dan investasimu. Sebagai saran, kamu bisa menganggarkan 30 hingga 40% THR dan bonusmu untuk pos ini. Ingat, seorang Warren Buffet selalu menyimpan kembali keuntungan yang dia dapat dalam investasinya agar menghasilkan keuntungan lagi yang lebih besar dan berlipat. Dengan mencontoh Warren Buffet, THR dan bonusmu dapat membuatmu lebih cepat mencapai tujuan keuanganmu, loh!

LUNASIN UTANG, AH!

Saat menerima THR dan bonus, kemudian ada ajakan liburan ke Bali 3 hari 2 malam. Tapi, kamu masih ada utang yang numpuk. Mana yang kamu pilih? Tentu saja, orang bijak layaknya Warren Buffet tidak akan terpengaruh orang lain. Yuk, lunasin utang-utangmu, seperti tagihan kartu kredit, tagihan KPR, utang KTA, atau tagihan sewa. Pakailah 20 hingga 30% THR dan bonusmu untuk bayar utangmu agar bisa bernapas lega. Kalau nggak ada utang, gimana, tuh? Cuss, kamu alokasikan untuk pos lain, bisa jadi pos tabungan dan investasimu. Atau, bolehlah sesekali mengapresiasi dirimu dengan staycation atau shopping baju lebaran, why not?

LIBUR TELAH TIBA, HATI GEMBIRA

THR dan bonus udah cair, libur lebaran sudah tiba, hati harus gembira, dong! Lanjutlah kita pakai THR dan bonus buat belanja kebutuhan lebaran, mulai dari persiapan baju lebaran, angpao lebaran, bahan makanan untuk masak di hari raya, hingga persiapan mudik. Kamu bisa pakai budget 20% dari THR dan bonusmu untuk belanja kebutuhan lebaran tersebut dan 20% untuk senang-senang. Tapi ingat, timbang-timbang lagi sebelum melakukannya. Warren Buffet dalam kehidupannya selalu menilai kembali keputusan yang akan dieksekusi, mulai dari kenapa akan melakukan itu, hingga apakah hal itu berguna di kemudian hari. Dengan begitu, THR dan bonusmu nggak jadi sia-sia, kan?

*

Nah, sudah siap dengan liburan lebaran kali ini? Kamu juga bisa loh modifikasi persentase tadi, misalnya lebih besar untuk bayar utang dulu dibanding investasinya. Atau mau besarin porsi investasi karena nggak ada utang, bisa banget! Kamu bisa pakai juga SMART WALLET FUNDtastic untuk memonitor THR dan bonusmu lari kemana aja. Masih bingung juga? Langsung aja KONSULTASI bareng dokter keuanganmu di aplikasi FUNDtasticmu biar nggak makin bingung. Happy Holiday, FUNDpeople!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *