Tips KECE ABIS Buat Liburan Akhir Tahun (part 2 – end)

Tips KECE ABIS Buat Liburan Akhir Tahun (part 2 - end)

Di tips sebelumnya, kamu sudah dapat 2 tips dari KECE ABIS, yaitu ketahui kondisi keuanganmu dan cermati rencana liburanmu. Nah, kali ini kita lanjutin tips KECE ABIS berikutnya. Yuk, disimak.

KECE ABIS : A – NGGARANNYA B – ERAPA?

Kondisi keuangan, aman. Destinasi, akomodasi, dan konsumsi, sudah dalam list. Sekarang yang perlu kamu lakukan adalah menyesuaikan kondisi keuanganmu dengan list yang sudah kamu buat itu. Sebagai saran, kamu harus memiliki alternatif untuk tiap poin dalam listmu. Misalkan : destinasi A, pilihan akomodasi K L M atau kombinasinya, dan pilihan konsumsi X Y Z. Kemudian, kamu tulis range harga yang akan kamu habiskan kalau melakukan opsi tersebut. Jangan lupa lebihkan anggaran untuk uang saku dan lainnya.

KECE ABIS : I – TUNG DANA LIBURANMU!

Sekarang, coba kamu totalkan masing-masing opsi tadi sehingga menghasilkan kombinasi destinasi-akomodasi-konsumsi yang pas sesuai kondisi keuangan kamu. Sebagai final, kamu akan mendapatkan 1-3 opsi kombinasi yang kemungkinan besar dapat kamu penuhi.

Dari total final tersebut, kamu mulai bisa menghitung persiapan dana untuk liburanmu. Contoh : anggaran liburan kamu 10 juta dan merencanakan akan berlibur 10 bulan lagi. Berarti kamu harus menyisihkan 1 juta per bulan untuk liburan nanti.

KECE ABIS : S – ISIHKAN MULAI SEKARANG !

Nah, kamu sudah dapat nominal total final dan anggaran per bulan untuk persiapan liburanmu. Sekarang, mulai sisihkan! Ada banyak opsi yang dapat kamu gunakan untuk membantu persiapan dana liburanmu. Misalkan untuk persiapan liburan dibawah 1 tahun, dapat dimasukkan ke reksadana pasar uang, deposito, atau tabungan berjangka. Kalau misalkan kamu ingin naik haji di usia 45 tahun, dimana kira-kira masih 10-15 tahun lagi, kamu dapat gunakan reksadana saham atau campuran.

*

Tips KECE ABIS sudah kamu dapatkan, nih. Sudah terbayang liburan asik akhir tahun yang membahagiakan? Daripada cuma dibayangin, coba ambil kertas atau buka browser untuk mulai kepoin destinasi akhir tahun yang menarik buat kamu. Jangan lupa, dokter keuanganmu juga bisa jadi teman curhat loh kira-kira kamu udah melakukan KECE ABIS dengan tepat atau belum. Why don’t you try it out ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *