Ternyata 3 Hal Ini Bisa Jadi Trik Investasimu!

3 TRIK

Minggu lalu, beberapa travel agent tengah gencar mengadakan travel fair, nih FUNDpeople. Apakah kamu salah satu peserta travel fair tersebut dan telah mengantongi paket liburan yang kamu tunggu-tunggu? Atau, kamu cuma bisa bengong dan meratapi budget liburan kamu yang pas-pasan? Eits daripada semakin sedih, yuk cek lagi pengeluaran kamu dan cari tau hasilnya bila kamu investasi sekarang!

MINUMAN HITS ATAU LIBURAN HITS?

Sekarang banyak sekali minuman-minuman hits yang ngetrend untuk memenuhi dahaga kita. Minuman hits, seperti boba drink dan ngopi di cafe, memang enak. Apalagi sambil kerja atau baca buku, suasana cafe sangat mendukung hari-hari kita. Tapi, apakah kamu pernah menghitung berapa nominal pengeluaran untuk minuman hits tersebut?

Mari berhitung. Dengan kisaran harga 25 hingga 50 ribu rupiah, kamu kira-kira akan menghabiskan 500 ribu hingga 1 juta rupiah setiap bulannya. Nyatanya, boba drink dan ngopi di cafe tersebut tidak perlu kamu lakukan serutin itu, bukan? Bayangkan bila dengan 1 juta rupiah kamu investasikan secara rutin setiap bulan, berapa hasilnya? Investasikan pada reksa dana pasar uang dengan return tahunan 6% selama 2 tahun, maka kamu telah menyimpan sekitar 25,43 juta rupiah. Sudah bisa buat tur 3 negara Singapura-Malaysia-Thailand atau jalan-jalan ke Hong Kong selama 1 minggu. Pilih yang mana?

CASHBACK : BERKAH ATAU JEBAKAN?

Nggak kalah ngetrend sama boba dan kopi kekinian, cashback selalu hadir dan menggoda iman dompet kita. Bagaimana tidak? Dengan hadirnya cashback, kita dapat membeli kebutuhan maupun keinginan dengan harga miring. Lalu, menurut kamu, cashback itu berkah atau musibah?

Seringkali dijumpai beberapa pengguna cashback tidak menjadikan cashback sebagai sarana perencanaan keuangan, malahan terjerumus dalam lingkaran konsumtif dari cashback. Seperti contoh, 1 bulan budget makan 3 juta. Dengan banyaknya cashback, keinginan untuk pakai cashback, nongkrong, hingga traktir temen bikin pengeluaran makan menjadi 5 juta. Bahaya, bukan?

Mari berhitung kembali. Bila pengeluaran berlebih ditambah potensi cashback menjadikan kamu bisa punya anggaran investasi 3 juta, coba bayangkan berapa hasilnya 5 tahun lagi? Investasikan pada reksa dana pendapatan tetap dengan return tahunan 8%, maka kamu akan mengantongi sekitar 220,43 juta rupiah. Nominal yang tidak kecil, bukan? Bahkan dengan hasil tersebut, kamu dapat gunakan untuk menambah DP rumah atau apartemen. Apalagi kalau kamu berencana untuk punya passive income. Tertarik untuk mulai coba?

REFRESH SEKARANG DAN NANTI

Setelah penat bekerja, ada kalanya kita butuh sesuatu yang menyenangkan. Pilihan banyak orang, weekend akan dihabiskan pada pusat perbelanjaan, bioskop, maupun nongkrong bersama keluarga dan teman. Kira-kira berapa sih budget weekend kamu setiap bulannya? Apakah kamu dapat membagi budget weekend kamu untuk anggaran investasi?

Mari berhitung lagi. Bila budget weekend tiap minggu 1 juta rupiah, maka sebulan 4 juta rupiah. Ternyata setelah ditinjau ulang, kamu dapat menyimpan 50% dari anggaran weekend untuk investasi, yakni 2 juta rupiah. Bila dengan 2 juta rupiah kamu rutin investasikan setiap bulannya pada reksa dana saham dengan return tahunan 15%, maka berapakah hasilnya 25 tahun lagi? 25 tahun lagi kamu telah punya tabungan sekitar 6,48 M. Dana tersebut dapat kamu gunakan untuk kebutuhan pensiun, loh. Mantap, bukan?

*

Nah, tertarik cobain trik ini? Jangan sampai menyesal nanti, loh. Kunci penting investasi adalah waktu. Semakin lama kamu memulai, semakin besar pertanggungan yang harus kamu siapkan nantinya. Tunggu apalagi, investasi reksa dana sekarang!

About Greaty Kristanto

Seorang perencana, penulis, dan penikmat hidup yang gemar akan travelling, kuliner, dan uang. Dari 3 hal tersebut, seringkali terasa dinamika untuk menyampaikan hal-hal yang menyenangkan. Hal-hal tentang bagaimana membuat kombinasi antara perencanaan dan nikmatnya hidup, dalam tulisan yang dapat memberikan pengalaman bagi teman-teman pembaca.

View all posts by Greaty Kristanto →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *