Tahu Arus Kas, Tahu Tujuan Hidupmu

Tahu Arus Kas, Tahu Tujuan Hidupmu

Niko dan Rendi adalah karyawan masa kini.  Niko sering mejeng di kafe-kafe kopi Instagram-wothy untuk kebutuhan sosialnya. Hidupnya berasal dari gaji ke gaji dan yang penting cukup untuk makan, minum, bayar kos, isi kuota, dan nongkrong bersama teman-teman. Baginya asal bisa menikmati hidup, semuanya akan baik-baik saja dan tidak perlu dikhawatirkan.

Berbeda dengan Rendi yang mengatur keuangannya dengan bijaksana. Dia membuat catatan arus kas yang tepat dari ujung ke ujung. Hidupnya sama dengan Niko tetapi bedanya keuangan Rendy lebih terjaga dan dia bisa menyeruput kopi dengan nikmat setiap minggunya.

Dari dua kasus di atas terdapat perbedaan antara Niko dan Rendi yaitu pengetahuan mengenai arus kas. Lantas, kenapa kamu harus tahu apa yang itu arus kas?

Menata Arus Kas, Menata Hidupmu

Percaya enggak percaya, dengan menata arus kas kamu sudah menata keseluruhan hidupmu. Kualitas hidupmu ditentukan dari upaya kamu merencanakan pendapatan, pengeluaran, hingga proteksi terhadap arus kas. Coba duduk sebentar di depan laptop atau buku kecilmu. Hitung gaji kamu dari pengeluaran A sampai Z. Apakah arus kas kamu sehat atau malahan sedang sakit?

Arus Kas Itu Apa, Sih?

Arus kas itu hanya mencatat pendapatan dan pengeluaran kamu. Sisa dari pengurangan pendapatan dengan pengeluaran itu menunjukkan kapasitas keuanganmu.

Misal, jika gaji kamu Rp10 juta per bulan dan pengeluaran pokok kamu Rp7 juta per bulan. Maka kekuatan arus kas kamu itu Rp3 juta. Sisa uang tersebut menunjukkan kemampuan keuanganmu untuk berinvestasi dan menabung. Jadi, jangan salah mengartikan arus kas, ya.

Jika Sisa Uang Hanya Sedikit, Bagaimana?

Sisa uang sedikit itu bukan masalah pendapatan yang kamu terima tetapi bagaimana kamu menggunakan pendapatan kamu. Semakin besar pendapatan kamu bukan berarti keuangan kamu kuat.

Masih ada banyak cara untuk memperkuat arus kas tanpa harus capek-capek kerja keras bagai kuda untuk naik gaji. Kamu bisa mengurangi pengeluaran kamu yang tidak penting. Bisa juga mengurangi kebiasaan kamu nyicil online di banyak e-commerce. Siapa tahu ternyata gaji kamu kebanyakan digunakan untuk bayar hutang.

Nah, sudahkah kamu mengerti akan pentingnya arus kas? Jika masih ada yang ingin ditanyakan dan coba-coba untuk melihat arus kas, kamu bisa instal aplikasi FUNDtastic. Di sana kamu bisa melihat arus kas kamu secara otomatis hanya dengan menyambungkan akun bank. Segera instal FUNDtastic di handphonemu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *