Sering Belanja Itu, Boleh!

Sering Belanja Itu Boleh

Siapa dari kamu yang menilai kalau sering belanja itu boros dan konsumtif? Pendapat kamu itu benar tapi tidak sepenuhnya benar (pusing, kan?). Masalahnya, seetiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda.

Contohnya, Dian Sastrowardoyo (aktris film Ada Apa dengan Cinta) membeli baju setiap minggunya untuk menjaga penampilan. Tuntunan sebagai seorang aktris membuat kebiasaan berbelanja Dian menjadi sebuah kebutuhan bukan keinginan belaka.

Masalahnya, jika kamu seorang karyawan mengikuti gaya Dian, kamu telah melakukan kesalahan besar. Baju yang kamu beli setiap minggunya tidak bermanfaat.

Belanja itu sebaiknya sesuai kebutuhan bukan karena keinginan atau mengikuti orang lain. Selain itu, apa saja lampu hijau yang membuat kamu boleh belanja sepuas-puasnya?

Belanja Sesuai Anggaran

Pahamilah kemampuan dompet kamu. Jangan belanja melebihi anggaran karena bisa membuat kamu berutang. Agar belanja tidak melebihi anggaran buatlah juga skala prioritas dan jangan terjebak dengan iklan.

Biasanya, iklan membuat kamu seakan butuh barang tersebut padahal sebenarnya tidak dibutuhkan.

Belanja Saat Diskon

Diskon akan mengurangi banyak pengeluaranmu. Cari tahu di mana dan kapan diskon akan terjadi. Salah satunya saat 12.12 di online shop atau akhir tahun di pusat perbelanjaan.

Jangan lupa bandingkan produk tersebut ditoko lain. Bisa saja diskon hanya strategi penjualan saja.

Memanfaatkan Promo

Belanja dengan memanfaatkan promo juga akan mengurangi pengeluaran kamu. Contohnya, promo yang ada di alat pembayaran elektronik atau kartu kredit.

Kamu juga harus melihat syarat dan ketentuan promo. Supaya kamu tidak terjebak dan merasa tertipu di kemudian hari.

Belanja Besar dengan Cicilan

Belanja dengan kartu kredit sebenarnya tidak disarankan karena kamu pasti lupa kalau kartu kredit itu alat tunda bayar bukan penambah penghasilan.

Kartu kredit bisa kamu gunakan ketika membeli barang kebutuhan tetapi uang tidak cukup. Kamu bisa melakukan instalment dengan memanfaatkan kartu kredit. Arus kas kamu pun tidak langsung habis.

Kamu mengalami kesulitan dalam menentukan kebutuhan dan keinginan.? Lebih baik periksa dahulu kesehatan keuanganmu agar tidak menyesal kemudian. Periksa kesehatan keuanganmu di FUNDtastic. Ada fitur financial check up atau kamu bisa langsung konsultasi dengan Dokter Keuangan Terpercaya. Yuk, instal FUNDtastic!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *