Sepatu yang Baru Kamu Beli itu Kebutuhan atau Keinginan?

Kebutuhan atau Keinginan?

Kamu sering susah makan enak di tanggal tua padahal di awal gajian mampu membeli sneakers dengan harga mahal? Bisa juga kamu punya feed Instagram keren karena foto dengan kamera mirrorless tetapi jadi sering nolak ajakan ngumpul sama teman-teman?

Parahnya, kamu sering jalan-jalan ke berbagai daerah 4 kali setahun tetapi utang cicilan kamu malah menumpuk? Kami harap kondisi kamu tidak seperti contoh yang disebutkan itu. Jika ternyata seperti itu, semoga artikel ini bisa membuat pandanganmu terbuka untuk membedakan apa itu kebutuhan dana apa itu keinginan.

Mana yang Harus Didahulukan, Kebutuhan atau Keinginan?

Ketika sudah tanggal 25 atau tanggal gajian, segera gatur arus kas kamu. Hitung berapa yang harus kamu alokasikan untuk makan, bayar kos, hingga kirim uang ke orang tua. Dahulukan kebutuhan yang terpenting dari untuk kebutuhan sehari-hari hingga bisa beli barang atau nonton konser di akhir minggu.

Gue Udah Pengen Banget Beli Handphone Minggu Ini

Bukan bermaksud menghambat keinginan kamu yang menggebu-gebu itu. Beli handphone bisa kamu atur dengan menabung sisa arus kas pendapatanmu. Bukannya menunda beli handphone beberapa bulan malahan harganya bisa turun?

Coba Tanya Ini Sebelum Kamu Membeli Sesuatu

“Apakah kamu benar-benar butuh barang itu?”

“Jika tidak membeli bulan ini, apakah berpengaruh kepada kehidupan kamu?”

“Apakah kamu bisa menemukan benda pengganti untuk barang tersebut?”

Dengan mempertanyakan ketiga hal tersebut kamu sudah bisa membedakan mana itu kebutuhan dan keinginan. Turunkan ego kamu sedikit dan bersabar untuk mendapatkan semuanya.

Hal yang membuat dirimu kesulitan di masa depan adalah tidak bisa membedakan antara apa yang kamu butuhkan dan inginkan. Banyak orang menyesal ketika sudah berusia lanjut karena tidak sempat memikirkan masa depannya dan mementingkan masa sekarang karena hidup itu hanya sekali.

FUNDtastic dapat membantumu membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Dengan fitur pencatatan otomatis kamu bisa tahu arus kas dan melihat kemampuan keuanganmu saat itu juga. Jika pun masih bingung, kamu bisa langsung bertanya kepada Dokter Keuangan Terpercaya. Kebutuhan terpenuhi dan keinginanmu terwujud bersama FUNDtastic.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *