Semua Orang Bisa Sukses : Mitos atau Fakta ?

MITOS FAKTA SUKSES

FUNDpeople, pernah nggak kamu bermimpi bahwa kamu punya harta melimpah, bisnismu sukses, sehingga kamu hanya bersantai-santai saja menikmati hidup ? Sadarlah. Kalau ingin sukses dan kaya, tetapi kamu tidak mengambil langkah atau bahkan berpikiran yang nggak-nggak, kapan suksesnya ? Kali ini, mari kita bahas kira-kira apa saja, sih pemikiran yang bisa dianggap mitos dan fakta dalam mencapai kesuksesan tersebut. Mana yang kamu banget ?

SUKSES BESAR SELALU DIAWALI MODAL BESAR : MITOS ATAU FAKTA ?

Definisi sukses sangatlah luas dan persepsi setiap orang berbeda-beda. Namun, ada 1 hal yang sama dari definisi sukses, yaitu fase menikmati. Seseorang dapat dikatakan sukses kalau dia telah dapat menikmati hasil secara berkelanjutan apa yang telah dia mulai untuk mencapai fase tersebut. Seperti contoh, nelayan yang telah memiliki kapal banyak dengan peralatan menangkap ikan yang lengkap. Dengan peralatan lengkap tersebut, setiap hari dia beserta anak buahnya dapat menjaring ikan untuk memenuhi tujuan keuangan dan menikmati hidup. 

Untuk menjadi sukses, tidak selalu modal besar menghasilkan untung yang besar. Untung yang besar merupakan bonus. Modal kecil sekalipun dapat menjadikan kamu sukses bila kamu dapat mengelolanya dengan baik. Banyak cara untuk memulai usaha dengan modal minimal atau bukan menggunakan modal sendiri, misalnya partnership, venture capital (menggunakan modal orang lain), dan angel investing (investor untuk mendanai usaha). Ada kalanya, sekalipun sudah mengelola dengan baik, kenyataan tidak sesuai dengan harapan kita. Oleh karena itu, sukses besar selalu diawali modal besar adalah MITOS.

BELAJAR DULU, DEH. MULAINYA NANTI BIAR NGGAK RUGI PARAH : MITOS ATAU FAKTA ?

Dalam mencapai kesuksesan, baik ilmu maupun praktik adalah sama pentingnya. Tanpa ilmu, kamu akan menghadapi kegagalan yang luar biasa. Bahkan, seringkali ilmu yang sudah dirasa cukup pun masih bisa memberikan kegagalan, contohnya dalam berinvestasi di pasar modal maupun membuka usaha yang sedang naik daun. Banyak kejadian tiba-tiba tidak kita duga, menghantam kita terlalu keras sehingga membuat kita jatuh, misalnya ada kebijakan ekonomi yang berpengaruh pada portofolio kita atau kompetitor baru yang lebih handal memberikan kejutan promo yang lebih menarik antusias pembeli, dan sebagainya. 

Oleh karena itu, belajar dulu adalah hal yang penting. Namun, medan perang sesungguhnya adalah praktik itu sendiri. Dari medan praktik itu, kamu dapat lebih nyata mempelajari hal-hal yang perlu kamu dalami lagi untuk mencapai kesuksesan yang kamu idamkan. Jangan sampai kamu belajar teori kelamaan, eh gataunya praktiknya berbeda dengan teori yang kamu pelajari. Malah jadi kebanyak teori, deh. Belajar mulu tapi praktik ntar-ntar untuk menghindari rugi yang dalam adalah MITOS.

“WAH, ENAK YA, DIA SUDAH SUKSES. BISNISNYA LANCAR MULU” : MITOS ATAU FAKTA ?

Nggak semua yang terlihat mata itu, indah. Contohnya, bisnis ayam geprek. Memang peminat ayam geprek kian hari bertambah. Apakah bisnis tersebut akan selalu hype ? Bagaimana dengan bisnis soft pudding ? Buktinya, setelah beberapa saat hype, trend peminatnya malah cenderung turun.

Dalam menggapai kesuksesan, atau bahkan saat orang lain menilai kita sukses pun, didalamnya masih terdapat pahit yang mungkin akan terjadi. Ya, namanya juga hidup, ada naik turunnya gitu. Bisnis dan investasi pun begitu, ada naik turunnya. Mungkin ada kalanya dia menghadapi pelanggan killer dan banyak mau, ada kalanya kompetitor yang baru buka itu berhasil narik pelanggan kita, atau ada kalanya investasi kita sedang dalam kondisi trend turun karena guncangan ekonomi. Jadi, kalau ada yang bilang sukses karena semuanya lancar, disyukuri saja untuk memotivasi kita menjadi lebih baik. Tapi, dibalik itu, sukses karena bisnis lancar mulu adalah MITOS.

“IKUTAN USAHA KAYAK DIA, AH. TAPI, KAYAKNYA BUTUH INOVASI BARU” : MITOS ATAU FAKTA ?

Inovasi adalah kunci bagaimana penyesuaian menjadikan kita lebih dekat dengan sukses. Dalam membangun investasi atau usaha menuju kesuksesan, kita perlu melakukan banyak sekali penyesuaian, mulai dari modal yang sesuai dengan kemampuan kita, ilmu untuk diterapkan, hingga inovasi yang dapat menjadi keunggulan. 

Dengan melakukan penyesuaian, berarti kita telah mampu membaca FAKTA apa yang menjadi kondisi kita dan apa yang menjadi minat kita untuk membangun kesuksesan itu sendiri. Sebagai contoh, bisnis online shop skin care kian laris dan marak. Kalau kamu mau ikutan, kira-kira inovasi apa yang perlu ? Apakah dengan sistem promo kode referal bisa menjadi terobosan baru untuk meningkatkan penjualan ? Apakah kamu perlu modal besar atau butuh sistem partnership dengan seller pihak pertamanya ? Inovasi, modal, dan profil dari bisnis maupun investasimu, itu semua kamu yang tau.

*

Nah, dari keempat mitos dan fakta diatas, mana yang kira-kira pernah kamu dengar ? Atau, malah kamu sendiri yang berpikiran demikian ? Intinya, mindset kamu untuk menjadi sukses jangan malah menghambat kamu untuk segera memulainya. Jadikan sebagai motivasi sehingga kamu tidak akan mudah menyerah ditengah jalan. Aku sudah mulai, kalau kamu ? 

Happy weekend, FUNDpeople !

About Greaty Kristanto

Seorang perencana, penulis, dan penikmat hidup yang gemar akan travelling, kuliner, dan uang. Dari 3 hal tersebut, seringkali terasa dinamika untuk menyampaikan hal-hal yang menyenangkan. Hal-hal tentang bagaimana membuat kombinasi antara perencanaan dan nikmatnya hidup, dalam tulisan yang dapat memberikan pengalaman bagi teman-teman pembaca.

View all posts by Greaty Kristanto →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *