Satu Hari di Satu Mal

Satu Hari di Satu Mal

Tahun lalu, Denia sangat menikmati adanya Festival Jakarta Great Sale (FJGS). Dalam seminggu setelah pulang dari kantor, Denia mengunjungi mal-mal dan selalu membeli barang diskon.

Denia pun tidak sadar, jika dia telah menghabiskan lebih separuh gajinya bulan ini untuk berbelanja. Dompetnya semakin menipis padahal ini masih minggu pertama gajian.

Tanpa kita sadari, apa yang Denia rasakan juga terjadi di kehidupan orang Jakarta saat acara ini berlangsung. Jakarta Great Sale menjadi tempat menghamburkan uang sebanyak-banyaknya. Pertanyaannya, apakah kamu mau menjadi Denia? Tidak mau, kan? Tenang saja, ada cara untuk bisa belanja nikmat tanpa jadi melarat. Mau tahu caranya?

Bikin Daftar Belanja

Supaya menghindari belanja yang tidak jelas seperti ingin membeli kemeja tetapi ditambah membeli jaket, kamu perlu membuat daftar belanja. Kebiasaan ini yang membuat pengeluaran kamu menjadi membengkak. Alih-alih tetap hidup enak di akhir bulan, kamu bisa sibuk mencari utang.

Cukup Satu Hari dan Satu Mal

Tentukan satu hari untuk berbelanja, misalnya hari Sabtu. Tentukan juga satu mal untuk berbelanja, misalnya mal B. Dengan menentukan satu hari satu mal untuk berbelanja, kamu bisa menghemat banyak hal dari uang transport, makan, hingga parkir.

Batasi Uang Belanja

Dari total gaji dan pendapat kamu, penting untuk membatasi uang belanja saat sedang banyak diskon. Bisa Rp500.000, Rp1.000.000, atau lebih. Semua harus disesuaikan dengan kondisi pengeluaran dan pendapatanmu. Jangan sampai setelah FJGS berakhir, uang di ATM kamu juga berakhir.

Kamu dapat berbelanja lebih puas lagi ketika sudah memiliki proteksi. Analoginya seperti meninggalkan rumah dalam keadaan terkunci, maka kamu merasa bebas melakukan banyak hal di luar. Dengan memiliki proteksi, kamu tidak perlu pusing apalagi “ngirit” dalam berbelanja.

Mau tahu cara belanja lebih puas tanpa beban? Kamu bisa berkonsultasi dengan Dokter Keuangan di FUNDtastic. Selayaknya dokter, FUNDtastic akan memberi resep puas belanja tanpa pusing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *