Punya Dana Pensiun & Tetap Nongkrong Pas Weekend

Dana Pensiun

Ridwan usai mengobrol dengan ayahnya yang baru saja pensiun dari Pegawai Negeri Sipil (PNS). Sudah lebih dari 30 tahun ayahnya mengabdi di sebuah pemerintahan daerah tetapi uang pensiun yang didapat tidak terlalu besar. Meskipun Ridwan bukan bekerja sebagai PNS tetapi dia belum sama sekali menyiapkan dana pensiun. Ayahnya saja yang mengabdi sebagai PNS hanya mendapat pensiun sekadarnya, bagaimana Ridwan sebagai kaum milenial ibu kota yang baru saja bekerja di sebuah agency periklanan.

Bisa jadi apa yang terjadi dengan Ridwan juga kamu alami. Bekerja di perusahaan swasta yang belum tentu memberikan dana pensiun. Minimal yang kamu dapatkan adalah Tunjangan Hari Tua dari BPSJ Ketenagakerjaan.

Tetapi, kondisi tersebut dapat kamu hindari jika sedini mungkin sudah menyiapkan dana pensiun. Alih-alih pensiun di umur lebih dari 55 tahun. Sebenarnya, kamu bisa pensiun di umur sebelum 50 tahun, bahkan bisa jadi di umur 40 tahun kamu sudah bisa pensiun. Penasaran, bukan? Yuk, simak penjelasan di bawah ini.

Cek Dulu Free Cash flow Kamu

Pensiun di umur 40 bisa kamu mulai dengan cara melihat kembali arus kas kamu. Berapa besar nominal free cash flow yang kamu punya? Masih adakah 200-300 ribu? Jika masih ada, sebaiknya kamu mulai menyiapkan dana pensiun. Percaya tidak percaya, hanya dengan nominal tersebut kamu bisa pensiun dengan tenang nantinya. Cukup menyeruput teh hangat dan bermain bersama cucu di hari tua nanti.

Lagi-lagi Lewat Reksa Dana

Kenapa reksa dana adalah pilihan terbaik untuk menyiapkan dana pensiun? Oke, sebenarnya kamu bisa mengikuti rencana pensiun di lembaga-lembaga pensiun yang ada. Bahkan, bank pun menyediakan sarana ini. Tetapi jika kamu bisa merencanakan dan menyusun sendiri dana pensiun, why not?

Kita ambil skenario sisa uang kamu sebesar Rp300.000. Kamu memilih reksa dana dengan bunga mencapai 18% sedangkan rencana pensiun 25 tahun lagi. Ketika pensiun tiba, kamu akan mendapatkan dana sekitar Rp1,7 miliar. Pensiun kamu jadi berasa nikmat, bukan?

Pastinya uang sebesar itu tidak kamu sangka bisa dengan mudah didapatkan. Kuncinya adalah memulai menyiapkan dana sedini mungkin. Jika kamu masih ragu dan memiliki pertanyaan, FUNDtastic siap membantumu. Dengan fasilitas curhat dengan Dokter Keuangan, kamu bisa menyiapkan dana pensiun tanpa ribet tanpa capek. Yuk, segera instal FUNDtastic!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *