Percayalah, Berhutang Bisa Bikin Jadi Kaya

Percayalah, Berhutang Bisa Bikin Jadi Kaya

Orang-orang selalu menganggap bahwa hutang adalah duri dalam daging. Hutang bisa menyakitimu secara perlahan bahkan sudah banyak kasus orang berhutang dan jatuh miskin.

Jika ada yang menyebutkan berhutang bisa jadi kaya. Orang itu akan diserang, dihina, sampa dikatakan penipu. Faktanya, berhutang tidak serta merta alasan orang berubah jadi miskin. Malahan ada banyak kemungkinan dari penggunaan hutang yang membuat kamu bisa jadi orang kaya.

Lantas, bagaimana agar kita berhutang dan menjadi kaya?

Ubah Tujuan Konsumtif menjadi Produktif

Biasanya, orang-orang berhutang untuk kebutuhan produktif. Beli baju, sembako, hingga untuk mengisi bensin. Tujuan berhutang untuk hal-hal konsumtif itu harus kamu ubah menjadi tujuan produktif. Misalnya mencicil mobil yang digunakan untuk menjadi taksi online. Penghasilan dari taksi online itu bisa kamu gunakan untuk mencicil mobil, sebagian lagi masuk dompet. Hutang kamu malah menjadi salah satu penghasilan.

Berhutang untuk Beli Aset

Tidak ada salahnya kamu berhutang untuk membeli rumah atau kontrakan. Tujuannya adalah memperbanyak aset yang memberikan tambahan pendapatanmu. Seperti pembahasan di atas, uang sewa dari aset seperti rumah atau kontarakan bisa kamu gunakan untuk melunasi cicilan dan sisanya untuk keuntungan.

Komitmen untuk Lunasi Cicilan

Komitmen ini bukan hanya segera menyelesaikan cicilan. Kamu harus tepat waktu dalam membayar semua cicilan agar terhindar dari bunga atau denda. Jika kamu tidak membayar cicilan tepat waktu, bunga akan menambah beban utangmu. Jadinya, bukan bertambah kaya malah jadi miskin karena bunga yang tidak terbayar-bayar.

Gunakan sebagai Modal Usaha atau Investasi

Tidak jarang orang-orang berhutang untuk dijadikan sebagai modal usaha. Ada juga yang bertujuan untuk investasi. Intinya sesuai tips sebelumnya yaitu kamu harus berkomitmen untuk melunasi cicilan. Hitung dengan cermat juga alur bisnis kamu dari hulu ke hilir agar tidak kesulitan dalam mengelola hutangmu ke depannya.

Setelah membaca artikel ini, hilangkan ketakutan kamu untuk berhutang. Tidak ada lagi ungkapan berhutang bikin kamu tambah miskin.

Konsultasikan juga ke Dokter Keuangan dan monitor arus kas kamu di FUNDtastic. Berhutang jadi tidak menakutkan lagi. Yuk, install sekarang juga.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *