Mari Berkenalan dengan Reksa Dana !

Mari Berkenalan dengan Reksa Dana

Hey, FUNDpeople ! Istilah “tak kenal maka tak sayang” pasti sudah tidak asing kamu dengar. Sama halnya dengan reksa dana, gimana kamu bisa sayang kalo kamu nggak kenal ? Yuk, cari tahu 3 hal tentang reksa dana supaya kamu lebih paham dan “sayang” sama reksa dana.

REKSA DANA ITU APA, SIH ?

Jadi, kalau mau dianalogikan, reksa dana itu ibarat indomie, sebuah produk yang menarik dan memiliki “cita rasa” yang enak. Reksa dana sendiri adalah produk atau wadah untuk mengumpulkan dana yang hendak dikelola oleh pihak yang ahli. Nah, siapa yang jualan? Orang atau pihak yang jualan indomie adalah abang warkop dan pihak yang jualan reksa dana adalah manajer investasi. 

Masing-masing abang warkop dan manajer investasi ini sudah ahli di bidangnya untuk mengolah indomie atau reksa dana tadi sehingga menjadikan produk tersebut lebih bernilai jual atau nilainya berkembang. Reksa dana tersebut diolah dan dikelola dalam produk investasi, seperti deposito, obligasi, dan saham.

KENAPA REKSA DANA ?

Sekarang kita tanya balik ke kamu, mau mie ayam atau ayam bakar ? Itu semua adalah pilihanmu. Selain diatur dalam undang-undang dan berada dalam pengawasan Otoritas Jasa Keuangan, reksa dana adalah produk investasi umum yang ditawarkan, dimana kamu tidak perlu mengelola sendiri dana yang kamu investasikan. Ada pun si abang warkop, alias si manajer investasi pastinya sudah tersertifikasi dalam mengelola dana yang kamu alokasikan untuk indomie atau reksadana tadi menjadi barang yang nilainya berkembang. 

Selain itu, kalau kamu berinvestasi di reksadana, kamu tidak perlu keluar tenaga dan dana besar untuk memulainya. Cukup buka smart phone kamu, registrasi online di platform terpercaya, dan kamu sudah bisa mulai berinvestasi mulai dari 10 ribu rupiah saja.

BAGAIMANA CARA MULAI INVESTASI DI REKSA DANA ?

Kamu bisa kontak langsung ke tempat penjual offline di bank atau kantor manajer investasi yang kamu percayai. Males repot? Jangan sampai kalah smart dong ! Cuss, buka smart phone kamu dan langsung registrasi online. Mungkin nanti kamu akan menemukan banyak hal yang perlu kamu isi, tetapi jangan sampai kamu males isi hal sederhana seperti itu. Just once for a life, guys ! Toh juga buat tujuan keuanganmu sendiri, kan? Tentu saja kamu tidak boleh lengah untuk mempelajari produk yang ingin kamu beli dan mengetahui sistem transaksi agen tersebut. Hal ini perlu kamu ingat agar mempermudah kamu selama berinvestasi reksa dana.

*

Nah, kira-kira sudah mulai kenal belum dengan reksadana ? Tapi jangan langsung tancap gas ya, FUNDpeople. Kamu harus paham betul dengan reksa dana supaya kamu makin kenal dan “sayang” sama reksa dana. Yuk, kepoin postingan selanjutnya untuk kenalan lebih lanjut dengan reksa dana !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *