Lunasi Utang Ketika Arus Kas Tidak Kuat

Lunasi Utang Ketika Arus Kas Tidak Kuat

Utang merupakan hal yang buruk bagi kebanyakan orang tetapi bisa menjadi penyelamat hidup. Buruknya, orang-orang bisa menjadi ketergantung pada utang.

Semakin banyak utang maka semakin kecil aset kamu yang akhirnya malah terjerumus dan membuat semuanya menjadi tambah sulit. Alih-alih menyeselaikan masalah, utang justru menambah masalah keuangan baru.

Lalu, bagaimana solusinya jika kamu sudah terlanjur terlilit banyak utang dan sisa arus kas hanya sedikit?

Lunasi Yang Mengganggu Kehidupanmu Terlebih Dahulu

Utang yang memiliki prioritas paling penting bukan dilihat dari jumlah yang harus kamu bayar. Namun, dilihat dari dampak yang akan kamu rasakan bila tidak membayarnya.

Contohnya adalah cicilan rumah. Jika gagal membayar maka kamu bisa kehilangan  tempat bernaung selama ini.

Lunasi Utang Yang Sudah Lewati Tenggang Waktu

Utang yang sudah melewati batas waktu pembayaran akan dikenakan denda dan bunga. Semakin kamu menunda, maka jumlah utang akan semakin besar dan bisa terkena resiko BI Checking. Hal ini membuatmu kehilangan kesempatan untuk meminjam utang ditempat lain.

Lunasi Utang Dengan Bunga Yang Paling Besar

Bunga besar sangat membebani arus kas kamu karena nominal yang harus dibayarkan cukup besar.  Utang dengan bunga yang lebih ringan atau tanpa bunga bisa kamu bayar dengan jumlah minimal.

Jadi pilihan terbaik yang bisa kamu lakukan adalah segera melunasi utang dengan bunga yang paling besar.

Restrukturisasi Utang

Restrukturisasi adalah proses untuk merestruktur hutang bermasalah dengan syarat yang lebih lunak atau lebih ringan dibandingkan utang sebelumnya.

Restrukturisasi biasanya dapat dilakukan pada setiap jenis utang. Tujuannya agar pembayaran utang yang dicicil dapat disesuaikan dengan arus kas yang kamu miliki sekarang.

Lunasi Utang Dengan Utang

Cara terakhir jika kamu belum sanggup membayar utang dengan arus kas saat ini adalah dengan melunasinya dengan utang. Cara ini sebenarnya tidak dianjurkan tetapi kita bisa menggunakannya asal utang yang ingin di bayarkan bunganya harus lebih besar dengan utang yang akan digunakan untuk membayar.

Contohnya, jika kamu punya utang kartu kredit dan kamu ingin melunasinya maka bisa menggunakan utang dengan jaminan aset atau tanpa agunan (KTA).

Nah, sekarang kamu sudah mengerti bagaimana cara melunasi utang walau arus kas sedikit. Kuncinya, prioritaskan utang yang akan kamu bayar terlebih dahulu.

Jika masih bingung cara menentukan prioritas, cobalah konsultasikan masalah kamu dengan Dokter Keuangan di FUNDtastic. Coba juga gunakan Dompet Pintar agar arus kas kamu menjadi lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *