Liburan Oke, Dompet Juga Oke

Liburan Oke, Dompet Juga Oke

Masih ingat cerita tentang Nadya? Selain faktor merencanakan keuangan sebelum liburan, kamu harus memikirkan kehidupan setelahnya. Apakah masih bertahan atau malah harus gali lubang tutup lubang. Kesalahan kedua Nadya yang tidak dia pikirkan adalah kehidupan pasca liburan. Ada yang menyebutnya sebagai Holiday Blues.

Bukan perasaan kangen ingin liburan kembali. Tetapi perasaan yang membuat kamu merasa jangan liburan kalau ternyata membuatmu hidup sulit setelahnya. Untuk menghindari yang namanya Holiday Blues, kamu perlu mempersiapkan beberapa hal. Apa saja?

Cek Kesehatan Keuangan

Kamu harus memastikan tabungan dana darurat aman. Kamu bisa menggunakan uang bonus akhir tahun untuk menambal kekurangan dana darurat itu. Selain itu, lihat juga utangmu yang sudah jatuh tempo. Pastikan membayar tepat waktu karena nantinya bisa mengganggu arus kas.

Kurangi Pengeluaran Setelah Liburan

Kamu sudah liburan, kan? Saatnya mengurangi pengeluaran yang tidak terlalu penting seperti jalan-jalan ke mal, nongkrong di warung kopi, atau makan di restoran fancy. Seharusnya semua kesenangan itu terbayarkan saat liburan kemarin jadi kamu tidak perlu lagi keluar banyak duit.

Tunda Barang yang Kamu Ingin

Kamu harus belajar berkorban. Kalau ingin liburan kamu tidak jadi beli Iphone X. Kalau ingin menyelam di pantai Raja Ampat kamu harus melepas beli Macbook Pro Retina. Semua keinginan kamu bisa ditunda hingga bulan depan atau setelah lebaran juga bisa.

Gunakan Uang Tunai

Maksimalkan penggunaan uang tunai. Selain kamu membatasi pengeluaran, jika menggunakan kartu apalagi kartu kredit kamu akan terkena biaya tambahan. Dengan membawa uang tunai kamu juga menghindari tempat-tempat liburan yang tidak menerima pembayara dengan kartu.

Nah, siapa dari kamu yang mengalami masalah keuangan setelah liburan? Langsung aja konsultasikan masalahmu secepatnya. Yuk, instal FUNDtastic agar kamu bisa curhat masalahmu dengan dokter keuangan tersertifikasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *