Kenapa sih Berinvestasi Emas ? Ini Faktanya

KENAPA INVESTASI EMAS

FUNDpeople, apakah kamu merupakan salah satu orang yang tertarik untuk membeli emas ? Dari tahun ke tahun, emas kian diincar orang karena dianggap barang berharga yang “wah”. Kira-kira, apalagi sih alasan lain kenapa emas begitu diminati ?

APA KATA MEREKA ?

“ Pilih emas perhiasan karena bisa dipake sama buat dijual kalo lagi butuh ” – Pedagang Warung, 45 tahun

“ Setiap bulan sih gue beli emas perhiasan. Soalnya bisa dipake buat aksesoris dan bukan gue anggap investasi kalo emas “ – Karyawati Swasta, 26 tahun

“ Nyokap (Ibu Rumah Tangga, 55 tahun) dulu sering beli emas batang karena dia mikirnya harga emas bakal naik terus dan bisa buat dana jaga-jaga “ – Karyawati Swasta, 28 tahun

“ Gue suka beli emas batang maupun perhiasan karena nilainya gak bakal jatuh drastis ” – Karyawan Swasta, 32 tahun

“ Ya, senang aja beli emas karena bisa jadi investasi yang ada bentukannya “ – Wiraswasta, 54 tahun

“ Nyokap (Ibu Rumah Tangga, 51 tahun) sih yang suka beli emas batangan karena ada bentuknya dan harganya naik terus. Kalau emas perhiasan cuma sekadar punya karena nilainya gak sebagus emas batang “ – Karyawati Swasta, 25 tahun

“ Cewe gue (Karyawati, 27 tahun) lebih suka emas perhiasan sih, karena bisa dipake dan buat dana jaga-jaga juga “ – Karyawan Swasta, 30 tahun

“ Gue beli emas soalnya naik terus harganya dari tahun ke tahun “ – Karyawan Swasta, 25 tahun

NAH, SEBENARNYA GIMANA FAKTANYA ?

Emas merupakan salah satu bentuk investasi yang kian diminati banyak orang, khususnya bagi mereka dengan profil risikonya konservatif. Bahkan, ada juga yang merasa lebih aman bila berinvestasi dalam bentuk emas yang ada wujudnya, dibandingkan dalam bentuk deposito atau paper asset lainnya.

Lalu apa kelebihan memiliki emas ? Emas sangat mudah jual-belinya sehingga seringkali dijadikan dana jaga-jaga. Selain itu, emas dirasa paling mudah dan murah karena tidak membutuhkan persyaratan yang ribet untuk dapat memilikinya. Terlebih, kini banyak merchant online maupun offline yang menawarkan fasilitas menabung emas mulai dari 500 perak saja, kamu sudah bisa punya tabungan emas.

Emas memiliki risiko yang cukup rendah. Data 10 tahun terakhir dari goldprice.org, harga emas naik hingga 124.69%. Nilai perkembangan emas dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti tingkat inflasi, harga dolar, dan sebagainya. Dalam kondisi inflasi dan harga dolar yang meningkat, banyak investor yang membeli emas dan nilai emas kian meningkat.

Kelebihan emas yang lainnya adalah bentuk emas itu sendiri, mulai dari batangan, koin, hingga perhiasan. Nyatanya, emas perhiasan ditujukan untuk aksesoris dan umumnya bukan emas murni 100% atau emas 24 karat. Sedangkan emas koin dan batangan memiliki bentuk yang simpel dan mudah disimpan. Selain itu, semakin rumit model emas perhiasan tersebut, harga jualnya akan lebih jatuh dibandingkan emas dengan bentuk batangan atau koin.

Dengan kelebihan tersebut, emas juga punya kekurangan. Walaupun risikonya rendah, ada juga kemungkinan emas sedang tren turun. Contohnya pada pertengahan tahun 2012 ke pertengahan tahun 2013, harga emas turun dari 550 ribu per gram menjadi 400 ribu-an per gramnya. Selain itu, ada risiko hilang maupun cacat bila kamu memiliki emas dalam bentuk fisik.

*

Nah, kalau versi kamu, kenapa kamu mau beli emas ? Emas buat investasi atau buat jaga-jaga ? Eits.. sekadar info, sekarang di FUNDtastic sudah bisa beli emas loh, aman dan gak pake ribet. Langsung yuk cobain di aplikasi FUNDtastic-mu !

About Greaty Kristanto

Seorang perencana, penulis, dan penikmat hidup yang gemar akan travelling, kuliner, dan uang. Dari 3 hal tersebut, seringkali terasa dinamika untuk menyampaikan hal-hal yang menyenangkan. Hal-hal tentang bagaimana membuat kombinasi antara perencanaan dan nikmatnya hidup, dalam tulisan yang dapat memberikan pengalaman bagi teman-teman pembaca.

View all posts by Greaty Kristanto →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *