Kenapa Liburan Membuat Kita Senang?

Kenapa Liburan Membuat Kita Senang?

Hallo, FUNDpeople! Bagaimana libur dan mudik Lebaran tahun ini? Menyenangkan, bukan? Momen libur, bertemu dengan keluarga, refreshing dengan jalan-jalan ke tempat yang menyenangkan selalu dinanti oleh kebanyakan dari kita. Bagaimana tidak? Setelah penat dengan kesibukan sehari-hari, kita perlu mengapresiasi diri, salah satunya dengan liburan. Kenapa perlu mengapresiasi diri dengan liburan?

LEBIH BAHAGIA DENGAN LIBURAN DAN TRAVELING

Tahukah kamu kalau liburan dapat membawa kebahagiaan? Fakta ini datang dari Thomas Gilovich, seorang profesor psikologi di Cornell University. Ia mengatakan bahwa adaptasi merupakan hal yang berlawanan dengan kebahagiaan. Hal ini sangat erat maknanya saat kamu membeli barang kesukaan yang sangat menarik pada awalnya.

Kamu akan merasa senang memiliki barang tersebut, tetapi sesungguhnya hal itu tidak akan bertahan lama. Setelah barang tersebut lama bersamamu dan ada muncul barang yang keluaran terbaru, kamu akan mulai tertarik untuk memiliki barang terbaru tersebut. Beda halnya dengan liburan dan traveling, momen yang dirasakan tidak akan kamu miliki fisiknya, tetapi akan membekas dan lebih bertahan lama. Bahkan, ada kemungkinan kamu akan tertarik untuk mengalaminya kembali.

MEMINIMALISIR RASA IRI

Sadarkah kamu bahwa hal-hal visual atau benda fisik (materi) dapat menyeretmu dalam rasa iri? Misalkan, kamu membandingkan pendapatan kamu dengan orang lain, membandingkan gadget tercanggih dengan temanmu, membandingkan pekerjaan kamu dengan orang lain, hingga membandingkan keadaan keluargamu dengan orang lain.

Menurut Thomas Gilovich, rasa iri akan hal tersebut membawamu pada sentimen negatif. Berbeda halnya bila kamu merasakan pengalaman berlibur ke suatu tempat yang kamu sukai. Kamu sendiri yang menentukan destinasi dan akomodasi yang sesuai dengan kemampuanmu, dimana hal tersebut akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

*

Apakah pembahasan diatas benar adanya? Coba bedakan momen dimana kamu membeli hape baru dan momen dimana kamu bisa berlibur ke suatu tempat yang menarik? Mana yang lebih berkesan dan membuatmu ingin melakukan hal yang sama? Tentu saja dalam liburan butuh trik-trik yang tepat agar lebih berkesan, gimana tuh caranya? Yuk, kepoin disini.

About Greaty Kristanto

Seorang perencana, penulis, dan penikmat hidup yang gemar akan travelling, kuliner, dan uang. Dari 3 hal tersebut, seringkali terasa dinamika untuk menyampaikan hal-hal yang menyenangkan. Hal-hal tentang bagaimana membuat kombinasi antara perencanaan dan nikmatnya hidup, dalam tulisan yang dapat memberikan pengalaman bagi teman-teman pembaca.

View all posts by Greaty Kristanto →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *