Kenali Utang, Kenali Dirimu

Kenali Utang, Kenali Dirimu

Siapa dari kamu yang menilai kalau utang adalah hal buruk dan merugikan? Ternyata utang itu tidak selalu buruk malahan bisa menjadi baik tergantung cara kamu memandang dan mengelola utang.

Utang itu tidak selalu merugikan jika kamu paham batasan-batasan tersebut. Ada 2 pemahaman tentang utang yaitu utang baik yang bersifat produktif dan utang buruk yang bersifat konsumtif. Supaya kamu tidak salah langkah dalam berutang sebaiknya pahami dulu perbedaan utang baik dan buruk berikut ini:

Utang Baik (Produktif)

Utang baik adalah utang yang tidak melebihi batas maksimal yaitu 30% dari pendapatan kamu. Utang tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan atau investasi jangka panjang.

Utang yang baik juga akan memberikan kamu keuntungan dan manfaat kedepannya bahkan akan menambah penghasilan kamu.

Contohnya, Noah membeli sebuah apartemen menggukanan Kredit Pemilikan Apartemen (KPA) lalu dia menyewakan apartemen tersebut. Pada akhirnya, Noah memiliki aset dan penghasilannya tambahan dari apartemen itu.

Selain KPA/KPR ada lagi utang baik lainnya seperti utang pendidikan dan usaha.

Utang Buruk (Konsumtif)

Utang buruk biasanya digunakan untuk memuhi keinginan dan barang yang dibeli semakin lama nilainya akan semakin berkurang. Bahkan, lebih buruknya tidak memiliki nilai sama sekali setelah digunakan.

Selain itu, bunga yang dikenakan juga besar sehingga sangat merugikan sampai kamu bisa terjerat utang.

Contohnya, Satria yang menggunakan kartu kredit untuk membeli jam tangan mahal tetapi dia hanya membayarnya dengan minimum payment setiap bulannya. Dampaknya, utang kartu kredit Satria tidak kunjung selesai hingga saat ini.

Minimumum Payment yang dibayarkan Satria seperti hanya membayar bunga saja bukan utang pokoknya. Selain itu, harga jam tangan mungkin mengalami penurunan harga karena ada model baru dan cacat saat penggunaan.

Bagaimana? Sudahkah kamu mengerti perbedaan utang baik dan buruk? Jika ingin mengetahui lebih lanjut mengenai utang baik atau buruk. Konsultasi langsung dengan dokter keuangan di FUNDtastic agar keuanganmu menjadi lebih baik. Manfaatkan juga fitur dompet pintar yang mencatat keuanganmu secara otomatis.

Buruan download aplikasinya sekarang di Playstore, gratis!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *