Investasi Sekarang atau Nanti?

Investasi Sekarang atau Nanti?

Ngomong-ngomong tentang investasi, sudah baca tentang 3 sekawan, Fandi, Tati, dan Tini yang sudah mulai investasi? Iya, mereka bertiga sudah sadar bahwa investasi perlu dilakukan sedini mungkin. Mereka paham kalau faktor waktu merupakan faktor penting dalam perjalanan investasi untuk masa depan seseorang. Masih bingung kenapa faktor waktu penting dalam perhitungan investasi seseorang? Yuk, simak cerita 2 sekawan berikut ini.

* *

Widhy dan Anne adalah seorang karyawan swasta. Sebagai kaum milenial, Widhy dan Anne sudah memiliki pengetahuan dan kesadaran bahwa investasi merupakan hal yang perlu dilakukan untuk menyusul inflasi yang tiap tahun berubah. Akan tetapi, 2 sekawan ini memiliki karakter dan pandangan yang berbeda mengenai alokasi pendapatan mereka untuk investasi masa pensiunnya. Dengan harapan usia pensiun di umur 55 tahun, Widhy lebih memilih untuk berinvestasi sejak usia 25 tahun dengan menyisihkan Rp. 500.000,- setiap bulannya di produk investasi reksadana yang kecenderungan tingkat pengembaliannya 15% per tahun. Di sisi lain, Anne yang punya segudang hobi lebih memilih untuk berinvestasi nanti-nanti saja.

5 tahun kemudian, Anne menyadari kalau dia telat “start”. Kemudian, Anne menghubungi Widhy agar dia dapat mulai berinvestasi di produk yang sama dengan Widhy. Anne yang merasa tertinggal kemudian menyisihkan pendapatan yang dia miliki sebesar Rp. 1.000.000,- untuk menyusul Widhy. Selang beberapa waktu berjalan, Anne merasa tenang dengan investasi masa tuanya yang dia pikir akan sama dengan Widhy.

Akan tetapi, Anne yang masih belum tenang akan ketertinggalannya tersebut kemudian berkonsultasi dengan perencana keuangan untuk ngobrolin investasi yang dia jalani sekarang. Ternyata, perencana keuangan tersebut menjelaskan hasil investasi Anne nantinya tidak akan sama dengan yang Widhy dapatkan nantinya. Kagetlah Anne mendengar penjelasan perencana keuangan tersebut. “Bagaimana hal itu bisa terjadi?”, kata Anne heran.

Dengan produk investasi reksadana dan kecenderungan tingkat pengembalian yang sama, nominal 2 kali lipat yang telah Anne sisihkan masih belum dapat menyusul hasil yang Widhy dapatkan nantinya. Perencana keuangan tersebut menyampaikan, terdapat 2 faktor yang mempengaruhi hal ini. Yang pertama adalah faktor waktu, dimana Widhy telah memulai 5 tahun lebih awal dibandingkan Anne. Dan yang kedua adalah faktor kecenderungan tingkat pengembalian, dimana dana yang telah dimulai Widhy 5 tahun lebih awal telah mengalami pengembangan lebih dulu daripada Anne yang baru mengalokasikan 5 tahun sejak Widhy memulai investasi.

Sehingga, menurut perhitungan time value of money, nilai investasi Anne nantinya akan Rp. 3,24 Miliar sedangkan Widhy akan mendapat Rp. 3,46 Miliar. Hasil konsultasi tersebut semakin menyadarkan Anne bahwa faktor waktu adalah hal penting dalam investasi. Banyak hal yang mungkin dapat disesali nantinya bila menunda investasi.

*

Dari cerita mengenai perjalanan investasi Anne dan Widhy, apa kamu masih ragu untuk mulai investasi dari sekarang? Coba buka fitur KONSULTASI di aplikasi FUNDtastic biar bebas ngobrolin kondisi keuangan kamu dan minta saran yang tepat untuk mulai berinvestasi. Tunggu apalagi, mau investasi sekarang atau nanti?

About Greaty Kristanto

Seorang perencana, penulis, dan penikmat hidup yang gemar akan travelling, kuliner, dan uang. Dari 3 hal tersebut, seringkali terasa dinamika untuk menyampaikan hal-hal yang menyenangkan. Hal-hal tentang bagaimana membuat kombinasi antara perencanaan dan nikmatnya hidup, dalam tulisan yang dapat memberikan pengalaman bagi teman-teman pembaca.

View all posts by Greaty Kristanto →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *