Inilah Alasan Harus Investasi Dana Pensiun dari Sekarang

DANA PENSIUN

Akhir pekan akhirnya tiba lagi. Apakah minggu ini terasa menyenangkan? Atau kamu malah merasa terbebas dari penatnya kesibukan mingguanmu? Apapun yang kamu jalani sampai saat ini, semoga hasilnya baik dan penuh rasa syukur, ya.

Kali ini, kita akan membahas dana pensiun. Mungkin sebagian besar dari kita juga telah mengetahui tentang istilah ini. Ya, dana pensiun adalah dana yang akan digunakan pada saat kita sudah pensiun atau istilah lainnya pada saat kita sudah tinggal mau merasakan dinamika hidup tanpa perlu pusing mencari penghasilan lagi.

Nah, apakah FUNDpeople sendiri telah menentukan usia pensiun nanti? Istilah pensiun dalam perencanaan keuangan tidak harus selalu di usia pensiun normal, alias 56 tahun keatas. Bisa saja, kamu sudah mau pensiun di usia 30 atau 40. Boleh saja. Oleh karena itulah, dana pensiun merupakan hal penting yang harus dipersiapkan dari sekarang.

Kenapa sih dana pensiun harus dipersiapkan dari sekarang? Kan pensiun masih lama, entar-entar ajalah. Uang sekarang dinikmati saja dulu…

Pernah tersirat hal ini di benakmu? Atau kamu pernah mendengarkannya dari orang lain? Bila hal tersebut pernah terlintas di benakmu, kamu perlu waspada. Kita tidak tau sampai kapan akan berpenghasilan. Kita tidak tau juga apakah kita akan lancar dalam mempersiapkan dana pensiun. Apakah kamu tidak takut akan membebani orang lain nantinya? 

INFLASI MERUPAKAN ALASAN UTAMA

Kamu sudah tau, kenapa setiap tahun harga barang naik, harga ini itu naik, ya karena inflasi. Harga yang naik tersebut diikuti dengan tingginya angka kebutuhan kamu nantinya sehingga menjadi alasan kenapa kamu harus mulai mempersiapkan dana pensiunmu. Bukan mulai besok tapi dimulai hari ini. Bagus bila kamu telah sadar dan telah memulainya sebelum hari ini. Berarti kamu sudah peduli dengan dirimu sendiri.

Mungkin perlu kita ambil contoh. Bila kamu saat ini memiliki pengeluaran bulanan (termasuk biaya kebutuhan pokok dan keinginan) senilai 10 juta dan usiamu saat ini 25 tahun, maka dalam setahun kamu akan memerlukan 120 juta. Pada saat pensiun dan tidak berpenghasilan nanti, kamu tentu tidak akan tau periode hidupmu. Oleh karena itulah produk investasi yang pasti, seperti deposito dapat menjadi alternatif untuk wadah dana pensiun nanti. Dengan bunga bersih deposito senilai 6%, maka kamu perlu mempersiapkan 2 Milyar rupiah untuk dapat menikmati 120 juta setiap tahunnya untuk pengeluaran pensiunmu.

Angka 2 M saja sudah bikin kamu tercengang? Mending tarik dan buang napas dalam-dalam dulu, deh. Karena sesungguhnya nominal tersebut belum memperhitungkan inflasi. Bila kamu berencana pensiun di usia 60, maka dana pensiunmu akan menjadi sekitar 11 M karena pengaruh inflasi. Menarik, bukan? Kebanyakan dari kita pasti akan tarik napas semakin dalam melihat angka ini. Oleh karena itulah, kamu harus mulai berpikir caranya untuk mendapatkan angka tersebut.

KAMU SEDANG BERKOMPETISI DENGAN WAKTU

Sesungguhnya, bukan hanya “bagaimana cara untuk mendapatkan penghasilan” yang harus kamu pikirkan. Tetapi, “bagaimana kamu tidak menggunakan uangmu dengan sia-sia”. Ya, kalau uangnya tiada habis sih tidak masalah, ya. Tapi, bagaimana kalau nggak ada? Kalau nggak ada ya harus dipersiapkan, bukan cuma diheran-herankan saja.

Seperti yang telah diperhitungkan akibat inflasi tadi, nilai 11 M bukanlah nominal yang kecil. Tapi, bukan berarti kita jadi putus harapan begitu saja. Kalau baru liat nominal begitu saja sudah putus asa, bagaimana kalau nanti sudah masuk usia pensiun? Mau bergantung sama orang? Udah nggak jaman lagi, FUNDpeople. Cuss, sekarang kita hitung berapa yang harus kamu sisihkan setiap bulannya.

Dengan spesifikasi diatas, maka kamu harus menabung di reksa dana pasar uang dengan return wajar 6% sebesar 7,75 juta per bulan. Sepertinya masih cukup besar? Nah, ada solusi lain. Mumpung masih berdurasi 35 tahun, maka alokasikan saja dana pensiunmu setiap bulannya pada reksa dana saham dengan return wajar 15% per tahunnya. Bila kamu harus menabung 7,75 juta per bulan di reksa dana pasar uang, maka kamu hanya perlu sekitar 750 ribu setiap bulan di reksa dana saham. Masa 500 ribu tiap minggu buat jalan-jalan bisa, 750 ribu tiap bulan buat investasi dana pensiun kamu tidak bisa?

PERANGKAP SANDWICH GENERATION

Sejatinya anak, orang tua, saudara, maupun kerabat bukanlah pihak yang harus menanggung keuangan pribadimu. Mereka pun punya tujuan keuangan yang harus mereka capai. Selain itu, mereka pun punya masalah sendiri yang mungkin tidak kamu ketahui. Kamu sendiri saja tau kalau menanggung beban hidup sendiri saja tidak mudah. Mengapa mereka harus menanggung beban hidupmu juga? Apalagi, kalau ternyata kamu sudah berpenghasilan dan bisa berjuang sendiri.

Sesungguhnya, banyak dari kita masih berpikir bahwa uang mereka adalah uang kita. Salah. You, personally, should be financially independent. Gimana caranya? Gampang. Kalahkan ego dan mulai dari sekarang.

*

3 hal diatas mungkin merupakan beberapa diantara banyak alasan kenapa harus mempersiapkan dana pensiun sejak dini. Apakah kamu sudah memulainya sekarang? Bila belum, segera mulai. Kamu tau bahwa inflasi dan waktu tidak kenal kompromi. Semakin lama kamu menunda, maka beban yang harus kamu tanggung semakin besar. Jangan sampai hal itu terjadi, FUNDpeople!

Do it now or regret later.

About Greaty Kristanto

Seorang perencana, penulis, dan penikmat hidup yang gemar akan travelling, kuliner, dan uang. Dari 3 hal tersebut, seringkali terasa dinamika untuk menyampaikan hal-hal yang menyenangkan. Hal-hal tentang bagaimana membuat kombinasi antara perencanaan dan nikmatnya hidup, dalam tulisan yang dapat memberikan pengalaman bagi teman-teman pembaca.

View all posts by Greaty Kristanto →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *