Ini Dia Check List Tahapan Investasi Properti Buat Kamu

CEKLIS PROPERTI

Sudah baca fakta-fakta yang bakal kamu hadapi kalau mau mulai investasi properti ? Cari tau dulu faktanya di sini . Bila sudah, yuk kita simak check list tahapan investasi properti berikut biar kamu nggak bingung lagi.

TENTUKAN JENIS PROPERTI

Kenapa ini yang pertama ? Kok bukan cek keuangan dulu ? Karena dari tipe ini akan menentukan modal yang perlu kamu siapkan dan prospek investasi kamu kedepannya. Yang dimaksud dengan tipe properti adalah kost, apartemen, tanah kosong, atau rumahan untuk kemudian disewakan. Masing-masing tipe punya nominal modal sendiri, termasuk biaya perawatan dan lainnya, yang perlu kamu perhitungkan untuk mengetahui keuntungan bersih yang akan kamu dapatkan.

SURVEI PROPERTI YANG DIINGINKAN

Setelah menentukan jenis properti, langkah selanjutnya bukan cek keuangan pribadi. Tentu saja kamu harus survei properti yang kamu inginkan. Survei tersebut dimulai dari pengembang properti yang tepercaya. Tentu saja pengembang yang tepercaya akan memudahkan proses pembelian properti hingga prospek investasi kedepannya. Kamu harus pastikan bahwa pengembang tersebut memiliki izin atas tanah tersebut, histori bisnis yang baik, dan latar belakang proyek yang visioner tapi realistis.

Selain itu, jangan lupa cek lokasi yang kamu tuju. Apakah lahannya benar-benar ada ? Apakah lokasinya strategis (daerah perkantoran, daerah kampus, daerah yang aman, daerah mal) ? Apakah aman dan bebas bencana ? Tentu saja lokasi yang strategis, bebas banjir, maupun aman akan meningkatkan nilai sewa propertimu. Apalagi bila di lokasi tersebut kedepannya akan dikembangkan proyek-proyek bisnis, LRT, MRT, maupun kereta cepat, pastinya akan semakin tinggi nilai propertimu.

Survei selanjutnya adalah harga pasar. Dengan lokasi dan prospek bisnis kedepan, apakah harga yang ditawarkan wajar ? Hal ini penting untuk menentukan modal yang akan kamu keluarkan untuk properti tersebut (mulai dari biaya beli, biaya renovasi, dana jaga-jaga) hingga harga jual yang akan kamu tawarkan kepada penyewa maupun pembeli nantinya sehingga menguntungkan bagi kamu.

Selain itu, bila kamu ingin menjadikan properti yang kamu beli tersebut sebagai kos, apartemen, atau kontrakan lainnya, maka kamu perlu survei target pasar. Dengan mengetahui target pasar untuk properti kamu, kamu akan dapat menentukan apakah propertimu mau dibuat ekonomis-minimalis atau benar-benar mewah.

CEK JUGA BIAYA LAINNYA

Biaya yang perlu kamu tinjau adalah biaya kredit pemilikan properti, baik rumah ataupun apartemen, tergantung yang kamu minati. Bila kamu hendak membeli properti dengan fasilitas kredit, kamu harus perhatikan tenor yang sesuai dengan harga properti kamu. Kira-kira ada biaya apalagi selain biaya bunga dan cicilan ? Tentu saja ada biaya tambahan, seperti biaya bank, biaya asuransi, biaya notaris, maupun biaya pajak. Jangan lupa, kamu juga perlu memeriksa kelengkapan dokumen atas aset yang hendak kamu beli.

PEMASARAN AGAR SUKSES INVESTASI PROPERTI

Diatas, kamu telah survei target pasar yang akan menjadi pelanggan kamu. Oleh karena itu, kamu harus menentukan strategi yang pas untuk mereka. Kamu dapat menggunakan strategi poster maupun brosur ke tempat yang sekiranya dilihat oleh target pasarmu. Selain itu, kamu juga dapat masuk ke komunitas dan membangun koneksi untuk mendorong penjualan maupun minat sewa propertimu. Terlebih, kamu dapat menggunakan media online yang kini sudah menjadi andalan penjual maupun pelanggan properti.

CEK KONDISI KEUANGANMU

Nah, barulah setelah melakukan langkah diatas, lebih nyata pengetahuanmu untuk menyesuaikan keuanganmu untuk investasi properti. Apakah kamu harus mengambil kredit ? Atau apakah kamu harus menabung sedikit lagi untuk bisa ambil DP ? Atau mungkin kamu harus berinvestasi lebih lama lagi untuk dapat memenuhi keinginanmu untuk menghasilkan passive income dari properti tersebut ? Semuanya kamu yang tau, sesuaikan dengan kondisi keuanganmu.

*

Banyak loh generasi tua maupun muda sekarang berinvestasi properti karena dapat dijadikan penghasilan tambahan atau passive income. Apakah kamu semakin tertantang atau masih bingung untuk berinvestasi properti ? Kamu bisa gunakan fitur KONSULTASI dengan dokter keuanganmu biar semakin mantap untuk berinvestasi properti. Cuss, cobain !

About Greaty Kristanto

Seorang perencana, penulis, dan penikmat hidup yang gemar akan travelling, kuliner, dan uang. Dari 3 hal tersebut, seringkali terasa dinamika untuk menyampaikan hal-hal yang menyenangkan. Hal-hal tentang bagaimana membuat kombinasi antara perencanaan dan nikmatnya hidup, dalam tulisan yang dapat memberikan pengalaman bagi teman-teman pembaca.

View all posts by Greaty Kristanto →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *