Hidup Aman dengan Siapkan Dana Darurat

Hidup Aman dengan Siapkan Dana Darurat

Aji tidak tahu bahwa perusahaannya bangkrut dan memutuskan kontrak kerjanya bulan depan. Dia tidak menyiapkan apapun dari segi mental hingga keuangan. Gajinya selalu habis digunakan selama sebulan entah untuk kebutuhan hidupnya atau mencari kesenangan melalui hobi otomotifnya. Meskipun mendapatkan pesangon dari perusahaan tetapi itu tidak mencukupi karena dia tidak tahu sampai kapan akan menganggur.

Dari kasus Aji tersebut kita belajar bahwa perlu mempersiapkan dana jaga-jaga atau dapat disebut dengan dana darurat. Manfaatnya tidak hanya terasa ketika kamu berada di kondisi Aji. Dana tersebut bisa kamu pakai untuk membiayai orang tua yang jatuh sakit tiba-tiba atau ketika BPJS/asuransi tidak mampu memenuhi biaya berobat kamu.

Lantas, bagiamana cara tepat mengelola dana darurat?

Minimal Cukup untuk 6 Bulan Kehidupanmu 12 bulan

Lihat berapa total kebutuhan kehidupanmu selama sebulan di arus kas. Jika Rp2 juta, kamu perlu menyiapkan 12 juta. Kamu juga bisa melebihkan dana daruratmu sesuka hati. Hal ini dikarenakan tidak ada rumus pasti berapa jumlah dana darurat yang harus kamu pegang.

Mana yang Harus Diatur Lebih Dahulu, Kebutuhan atau Dana Darurat?

Pastinya kamu harus mengatur keuanganmu untuk kebutuhan. Hal ini yang menjadi dasar kamu menyiapkan dana darurat. Poin penting yang kamu harus tekankan bahwa dana darurat tidak dihitung berdasarkan jumlah gaji yang kamu terima dari kebutuhan pokok. Jangan pula mendahulukan membeli sepatu sneakers sebelum menyiapkan dana darurat, ya.

Bolehkah Dipakai Sewaktu-waktu?

Sesuai dengan namanya, dana darurat hanya boleh digunakan untuk kondisi darurat. Kamu bisa menggunakan jika berada di kondisi Aji. Bertahan hidup dengan dana darurat sampai mendapat pekerjaan selanjutnya. Syaratnya, setelah kamu mendapatkan kerja, segera atur kembali dana daruratmu.

Taruh Dana Darurat di Rekening Terpisah

Kamu jangan pernah menggabungkan dana darurat dengan rekening lain yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Jangan juga menaruhnya di rekening tempat kamu menabung atau bahkan di reksa dana. Tujuan dana darurat adalah untuk memberikan “nafas panjang” untuk arus kas di masa darurat.

Jika kamu menaruh bercampur atau tempat yang sulit ditarik malah akan membuat status darurat hidup kamu menjadi semakin darurat.

Sampai di sini, masih ada yang ingin kamu ketahui mengenai dana darurat? Tenang saja. Tidak perlu risau. FUNDtastic hadir dengan fitur pencatatan otomatis yang membantumu mengalokasikan dana darurat. Ada juga Dokter Keuangan yang siap menampung semua curhat masalah keuanganmu. Segera instal FUNDtastic untuk wujudkan semua mimpimu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *