Fundtastic, Aplikasi Pencatatan dan Perencanaan Keuangan

Merencanakan berangkat haji dengan Fundtastic, aplikasi pencatatan dan perencanaan keuangan yang memudahkan kita dalam memantau keuangan dengan ringan dan praktis. Aplikasi ini bisa diunduh pada Android. Saya sendiri mengenal Fundtastic pada event finference. Kegiatan yang diadakan di Universitas Prasetya Mulya ini membuka wawasan akan adanya aplikasi finansial teknologi yang dapat membantu mengelola keuangan pribadi.

Saya sendiri terkagum dengan booth aplikasi yang hadir dalam menunjang kehidupan kita sehari-hari. Para mahasiswa pun turut serta dalam Finference yang menampilkan berbagai inovasi kreasi. Dunia keuangan sebetulnya sering dianggap susah, padahal mudah. Seringkali kita merasa bisa atau lebih tepatnya memudahkan dalam mengelola keuangan, tetapi ternyata kadang saat dibutuhkan uang sudah menghilang alias habis.

Dalam proses pengelolaan tersebut, maka tidak mudah untuk mengaplikasikannya karena terdapat beberapa langkah sistematis yang harus diikuti. Namun dengan mengetahui manajemen keuangan pribadi, hal tersebut sebagai langkah awal untuk aplikasi yang tepat ketika mengelola uang pribadi.

Seorang muslim tentunya berharap untuk dapat pergi haji. Perjalanan haji yang setahun sekali membutuhkan rencana yang matang keuangan, belum lagi dengan antrian panjang keberangkatan. Dalam hal ini, perjalanan menuju Baitullah menjadi hal yang memungkinkan dan meyakinkan bahwa kehidupan tidak lepas dari suatu ikhtiar, termasuk dalam mengelola keuangan.

Setiap muslim mengharapkan hartanya dapat menjadi berkah baginya dengan mengikuti tuntunan Al-Qur’an dan hadis sebagai rujukan utama. Untuk itu, diperlukan suatu perencanaan atau pengelolaan keuangan yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung di dalam kedua kitab tersebut yang umum dikenal perencanaan dan pengelolaan keuangan syariah. Perencanaan dan pengelolaan keuangan dengan dalam proses pengambilan keputusan untuk mencapai suatu tujuan yang dikehendaki (mencari dan mengonsumsi harta).

Dengan manajemen keuangan (perencanaan, penganggaran, pemeriksaan, pengelolaan, serta pengendalian) yang tidak bertentangan dengan syariat dan berbasis hukum Islam yaitu Al-Quran dan hadis. Pengelolaan keuangan yang sesuai dengan syariat Islam bertujuan mendatangkan kemaslahatan, baik di dunia maupun di akhirat. Dalam hal ini, mengelola keuangan bisa membagi tiga harta, sepertiga pertama harta untuk sedekah, sepertiga kedua untuk konsumsi dan sepertiga terakhir untuk tabungan.

Fundtastic menawarkan pengelolaan keuangan dengan mudah. Hanya dengan menyentuh smartphone, kita bisa mengetahui semua catatan/rencana/portofolio keuangan. Pemahaman mengenai pengelolaan keuangan individu merupakan sesuatu yang unik, karena berkaitan dengan prilaku atau gaya hidup kita dalam berkehidupan.

Saya pun mengunduh aplikasi Fundtastic, yang mana pada perjalanannya menjadi sebuah bimbingan atau konsultasi dalam menerapkan pengelolaan keuangan. Dalam mengelola keuangan pribadi adalah perencanaan keuangan yang diartikan sebagai proses merencanakan tujuan keuangan jangka pendek maupun jangka panjang. Untuk jangka pendek, saya ingin membeli rumah, sawah dan kebon, jangka panjangnya berangkat haji ke Baitullah.

Bagi saya, pengetahuan keuangan dasar dan kemampuan untuk mengelola keuangan secara efektif sangat penting. Adanya Aplikasi Fundtastic membantu untuk mengingatkan dalam mengelola keuangan. Bagaimana caranya?

Setelah mengunduh Aplikasi Fundtastic, kemudian mendaftar atau registrasi. Saya pun mengoneksikan dengan internet banking. Saya kemudian mengaplikasikannya dengan melihat dari transaksi keuangan lewat aplikasi tersebut.

Pada fitur Fundtastic, ada juga artikel atau tips, sehingga dapat menambah wawasan dan pengetahuan dalam pengelolaan keuangan. Fitur Dompet menyajikan semua data kita, dari pendapatan dan pengeluaran. Ketika terkoneksi dengan internet banking, maka terlihat semua proses transaksi kita, sehingga dapat menggunakannya dengan baik.

Oleh karena itu, merencanakan berangkat haji dengan Fundtastic, aplikasi pencatatan dan perencanaan keuangan yang membantu dalam mewujudkannya, insya Allah.

. . .

Tulisan ini dibuat oleh blogger dan dapat diakses di sini

About Greaty Kristanto

Seorang perencana, penulis, dan penikmat hidup yang gemar akan travelling, kuliner, dan uang. Dari 3 hal tersebut, seringkali terasa dinamika untuk menyampaikan hal-hal yang menyenangkan. Hal-hal tentang bagaimana membuat kombinasi antara perencanaan dan nikmatnya hidup, dalam tulisan yang dapat memberikan pengalaman bagi teman-teman pembaca.

View all posts by Greaty Kristanto →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *