Di Dalam Arus Kas Sehat Terdapat Jiwa yang Kuat

Di Dalam Arus Kas Sehat Terdapat Jiwa yang Kuat

Satria sedang menatap layar handphone yang menampilkan saldo di mobile banking-nya. Dia termenung melihat saldo yang tidak juga bertambah malahan tambah habis seiring waktu. Tabungannya pun stagnan, tidak bertambah tetapi ingin ditarik karena keperluan hidupnya tidak terkendali. Ditambah lagi, utang Satria semakin menumpuk dan tidak juga beres.

Masalah yang dihadapi Satria bisa menjangkiti siapa saja tanpa kenal orang. Dari orang yang memiliki penghasilan 2 digit sampai yang bertahan dari uang gaji mingguan.

Cegah rekening kamu biar tidak sama dengan Satria dengan tips-tips berikut ini:

Kelola Hutangmu Terlebih Dahulu

Hutang bisa jadi penghalang terbesar kamu agar terhindar arus kas kamu tidak “sakit.” Kamu perlu memprioritaskan melunaskan hutang daripada pengeluaran yang tidak penting lainnya. Pilihlah hutan yang bunganya paling tinggi untuk dilunasi terlebih dahulu.

Pangkas Pengeluaran Rutin yang Tidak Penting

Biaya kuota internet membengkak karena terlalu sering streaming film di handphone? Berlangganan TV kabel tapi kamu hanya menonton saat weekend? Pengeluaran seperti itu harus kamu atur ulang. Misalnya kamu bisa download film dengan wifi kantor terlebih dahulu baru menonton di jalan. Bisa juga berlangganan tv kabel dengan paket keluarga lalu ajak teman-temanmu agar jadi lebih murah.

Jangan Ragu Jual Barang Tidak Terpakai

Lihat lemari pakaianmu. Tengok ke ruang tengah atau dapur lalu buat daftar barang tidak terpakai. Buatlah akun e-commerce atau cukup di Instagram lalu posting semua barang-barang yang kamu punya. Uang dapat, arus kas kamu menjadi sehat.

Tidak ada yang tidak mungkin untuk mengubah kebiasaan yang membuat arus kas kamu menjadi lemah. Selain ketiga tips di atas, kamu bisa mencatat semua arus kas kamu di FUNDtastic. Dengan fitur Dompet Pintar, arus kas kamu akan tercatat otomatis dengan menghubungkan akun bank.

Unduh FUNDtastic sekarang juga dan kita sehatkan arus kasmu bersama kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *