Dana Darurat Sebagai Pertolongan Pertama Untukmu

Dana Darurat Sebagai Pertolongan Pertama Untukmu

Tidak pernah terbayang sebelumnya bahwa perusahaan dimana Fandi bekerja selama ini bangkrut dan memutuskan kontrak kerjanya bulan depan. Fandi tidak pernah menyiapkan apapun dalam segi mental hingga keuangan. Gajinya selalu habis digunakan untuk pengeluaran setiap bulannya, entah untuk kebutuhan sehari-hari, jalan-jalan bersama teman, hingga untuk kesenangan pribadinya. Meskipun mendapat pesangon, tetap saja tidak cukup bagi Fandi karena dia tidak tahu sampai kapan akan menganggur.

Tidak harus mengenai kehilangan pekerjaan yang menjadi sumber pendapatan, kejadian yang mendadak dan tidak terduga bisa datang kapan saja. Cerita-cerita serupa mengajarkan kita bahwa perlu mempersiapkan dana jaga-jaga atau disebut juga dana darurat. Dana tersebut dapat digunakan di berbagai kebutuhan mendadak, misalnya membiayai orang tua yang jatuh sakit atau ketika asuransimu tidak menanggung risiko yang kamu hadapi.

BERAPA JUMLAH DANA DARURAT YANG BAIK?

Jadi, perhitungan dana darurat itu dipengaruhi oleh beberapa faktor. Pertama, nominal anggaran bulanan kamu. Anggaran bulanan yang menjadi perhitungan dana darurat adalah kebutuhan pokok bulanan kamu, ditambah dengan cicilan berjalan jika ada. Kemudian lanjut ke faktor kedua, yaitu kelipatan dana darurat yang perlu kamu siapkan.

Kelipatan dana darurat ini dipengaruhi oleh jumlah tanggungan kamu, apakah kamu single tidak menanggung, single menanggung, atau berkeluarga. Dari jumlah tanggungan ini, dapat diambil faktor pengali / nilai kelipatan untuk dana darurat kamu, mulai dari 3-12 kali anggaran bulanan dana darurat yang telah kamu hitung diawal tadi.

GIMANA SIH CARA MENABUNG DANA DARURAT?

Dengan mengetahui nominal dana darurat yang harus kamu penuhi, kamu dapat mulai mengatur anggaran bulanan kamu untuk menyisihkan ke pos dana darurat ini. Setidaknya, coba tentukan nominal sesuai kemampuan dan kenyamanan diri masing-masing, dan dilakukan secara konsisten. Selain itu, untuk dana darurat ini bisa juga menggunakan metode rekening terpisah. Dana darurat pada rekening terpisah ini diharapkan tidak digunakan kecuali benar-benar menghadapi keadaan mendesak atau darurat.

*

Nah, setelah paham mengenai dana darurat, cobalah anggarkan dana daruratmu. Nggak mau kan, tiba-tiba datang status darurat malah panik gara-gara nggak punya dana darurat? Yuk, mulai menabung dana daruratmu biar nggak bingung bila darurat menghadang.

About Greaty Kristanto

Seorang perencana, penulis, dan penikmat hidup yang gemar akan travelling, kuliner, dan uang. Dari 3 hal tersebut, seringkali terasa dinamika untuk menyampaikan hal-hal yang menyenangkan. Hal-hal tentang bagaimana membuat kombinasi antara perencanaan dan nikmatnya hidup, dalam tulisan yang dapat memberikan pengalaman bagi teman-teman pembaca.

View all posts by Greaty Kristanto →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *