Cegah Bocor Halus dengan 3 Langkah Keren Ini

Bocor Halus

Ini adalah sebuah kisah tentang Juwita. Karyawati swasta yang setiap pagi selalu mencatok rambutnya di kantor. Dia harus berangkat kantor sejak pukul 06.00. Pos pertama yang dia kunjungi sejak keluar rumah adalah pedagang gorengan di depan komplek. Juwita membeli tempe dan tahu goreng sebanyak Rp5.000. Tidak lupa dia mampir ke minimarket untuk membeli teh dalam kemasan seharga Rp4.000 dan membayar parkir liar Rp2.000.

Di kantor, Juwita tidak bisa menolak ajakan temannya untuk membeli cemilan lagi. Dia berangkat ke kantin untuk membeli siomay dan batagor dengan harga Rp10.000. Setelah pulang kantor pun, Juwita menyempatkan diri untuk membeli cilor sebesar Rp5.000 untuk mengisi perut sebelum pulang.

Sebelum sampai ke rumah, Juwita mampir ke kedai martabak. Dia kembali mengeluarkan uang sebesar Rp30.000 untuk satu loyang martabak manis.

Selama satu hari, Juwita sudah mengeluarkan uang Rp56.000 tanpa dia sadari. Bagaimana jika pengeluaran sehari itu dia lakukan sebulan. Berapa banyak bocor halus yang harus direlakan Juwita?

Kondisi kamu sama seperti Juwita yang suka belanja kecil tidak terasa bikin dompet bocor halus? Santai saja, karena akhir dunia masih panjang. Yuk, benahi kebocoran keuangan dengan langkah-langkah berikut ini

Coba Hitung Lagi Pengeluaranmu

Jika kamu mengalami hal yang sama dengan Juwita, cobalah memulai dengan langkah sederhana yaitu “catat dan hitung ulang.” Buat daftar pengeluaranmu selama sebulan belakangan ini. Lihat pengeluaran apa saja yang tidak perlu dan masukkan ke daftar hitam. Fungsinya untuk membuat kamu tidak mengeluarkan uang

Pisahkan Uang dari Awal di Berbagai Rekening

Sebaiknya kamu segera memisahkan uang dari awal sesuai rencana kamu. Uang untuk makan, transport, tabungan, hingga investasi. Dengan memisahkan uang dari awal, kamu sudah berusaha meminimalisir pengeluaran yang tidak perlu.

Jangan Pernah Tergoda Belanja

Terakhir, kamu hanya perlu displin terhadap pos-pos pengeluaran yang kamu. Jangan pernah tergoda untuk hal-hal yang tidak perlu. Coba tanya pada dirimu sendiri, barang yang kamu ingin beli itu kebutuhan atau keinginan.

Selain ketiga langkah di atas, kamu bisa mengurangi bocor halus dengan mencatat semua arus kas di FUNDtastic. Kamu tidak perlu ribet catat ulang semua pengeluaranmu. Cukup hubungkan akun bank dan monitor pengeluaranmu secara otomatis.

Yuk, instal FUNDtastic di Smartphone kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *