Cari Tau Trik Investasi yang Nggak Berasa

TRIK INVESTASI

Hi, FUNDpeople! Apa kabar, nih? Apa kabar juga dengan tabungan dan investasimu? Atau jangan-jangan udah pusing mikirin saldo bulanan? 

Pusing mikirin saldo bulanan bukan berarti menjadikan kamu larut dalam keputusasaan. Putus asa tidak menyelesaikan masalah meskipun itu manusiawi. Bangkitlah dan mulai mengatur siasat untuk periode selanjutnya. Bercerita pusing di tengah bulan dan gajian yang masih lama, hari ini kita akan bahas gimana cara jitu berinvestasi yang nggak berasa. Tentu cara-cara berikut akan terasa mudah karena tidak perlu perencanaan yang sulit dan dapat kamu lakukan setiap saat. Penasaran?

LEBIH BAIK SEDIKIT DARIPADA TIDAK SAMA SEKALI

Kamu pasti sudah terbiasa dengan istilah “sedikit lama-lama jadi bukit”, kan? Nah, investasi pun begitu. Mungkin kamu sekarang tidak bisa menabung di nominal besar karena masih memenuhi kebutuhan. Tetapi, bukan berarti nggak dilakukan, ya. Kamu pun dapat memulai investasi, bahkan dari nominal 10 ribu saja, loh!

Caranya gimana tuh biar terlaksana? Kadang kita merasa langsung menabung ratusan ribu atau jutaan di awal terlalu memberatkan, yang berujung pada habis entah kemana dalam sebulan. Nah, coba sekarang terapkan prinsip “dikit yang penting ada” ini. Dengan minimal pembelian 10 ribu, coba setiap hari sisihkan minimal 10 ribu di reksa dana. Bila kamu konsisten melakukannya, maka dalam sebulan kamu telah menyimpan 300 ribu, loh. Nggak berasa, kan?

SUKA CASHBACK? PAKAI BUAT INVESTASI

Beli makan, cashback. Beli baju, cashback. Beli pulsa, cashback. Terus, cashback-nya kamu pakai untuk apa? Seringkali didapati bahwa banyak orang beranggapan cashback sebagai bentuk penghematan, tapi nyatanya keliru. Bukan menjadikan hemat, cashback seringkali menjadi alternatif anggaran konsumtif lainnya. Contohnya : beli makan 50 ribu cashback 50% jadi 25 ribu. Karena beranggapan “kok murah ya, duitnya jadi ga habis” malahan tergoda untuk membeli hal lainnya, beli minuman boba dan dapat cashback lagi.

Tidak salah menjadikan cashback sebagai bentuk “berhemat” dari anggaran normalnya. Tapi, kalau ujung-ujungnya cashback dipakai untuk hal konsumtif terus dan muncul pertanyaan “udah nabung atau investasi belum?” jawabannya “belum nih habis mulu”, bukannya jadi miris? Sekarang coba alihkan nominal cashback-mu menjadi hal yang berguna di masa depan, contohnya dana darurat, dana pensiun, atau dana untuk jalan-jalan 2 tahun lagi. Anggaplah cashback yang kamu terima 30 ribu sehari, lalu kamu investasikan di reksa dana pasar uang tiap minggunya, maka kamu akan mendapat sekitar 3,04 juta di akhir tahun ke-2. Lumayan bukan?

PAKSA DIRIMU DENGAN HUKUMAN

Hukuman itu nggak selalu menyakitkan loh, FUNDpeople! Contohnya tips yang satu ini. Kok bisa? Dalam keseharian, kadang kita melakukan suatu rutinitas yang rasanya kalau dipikir-pikir kok “kurang berguna”, contoh suka banget beli minuman hits, merokok, atau nonton tiap minggu. Terus, nggak boleh ngelakuin itu? Boleh saja, tapi kali ini kita tantang kamu melakukan trik ini.

Coba ambil salah satu rutinitasmu yang kamu anggap paling “boros, bikin penyakit, atau nagih banget”. Kemudian, tiap kali kamu melakukannya, hukum dirimu dengan nominal tertentu. Misalnya, kamu merokok 1 batang, dihukum 10 ribu. Jadi, kalau kamu sehari merokok 5 batang, kamu dihukum 50 ribu dan top up ke reksa dana pilihanmu. Dari kamu, untuk kamu, dan bermanfaat ke depannya. Bisa jadi malah, rutinitas yang kamu anggap boros dan merusak itu, bisa kamu kurangi dengan cara “hukuman” berfaedah yang satu ini. Tertarik coba?

*

Nah, triknya gampang banget kan, FUNDpeople? Bahkan, semuanya bisa kamu coba, asal dimulai dari hati. Tapi, jangan cuma dari hati saja, perlu aksi nyata juga. Cobain deh, trik-trik diatas. Dijamin, bakal nagih banget buat ngelakuinnya!

Happy Weekend, FUNDpeople!

About Greaty Kristanto

Seorang perencana, penulis, dan penikmat hidup yang gemar akan travelling, kuliner, dan uang. Dari 3 hal tersebut, seringkali terasa dinamika untuk menyampaikan hal-hal yang menyenangkan. Hal-hal tentang bagaimana membuat kombinasi antara perencanaan dan nikmatnya hidup, dalam tulisan yang dapat memberikan pengalaman bagi teman-teman pembaca.

View all posts by Greaty Kristanto →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *