Cari Tau Kenapa : Reksa Dana Pendapatan Tetap untuk Traveling ke Luar Negeri

CARI TAU KENAPA SERIES 04

Hey, FUNDpeople ! Kita akhirnya sampai lagi nih di akhir pekan. Bagaimana kesibukanmu selama weekday ini ? Semoga apapun yang sudah kamu jalani seminggu ini, bisa membuat kamu menjadi lebih baik kedepannya, ya !

Ngomong-ngomong kesibukan selama ini, sudahkah kamu kepikiran untuk mengapresiasi dirimu ? Sekadar saran, traveling ke luar negeri bisa jadi opsi loh untuk mengapresiasi dirimu. Dengan perencanaan liburan yang pas, dijamin sensasi dan suasana baru dari tempat yang ingin kamu kunjungi dapat membuat kamu bahagia. Terus, gimana caranya ?

PERENCANAAN YANG MATANG ADALAH KUNCI

FUNDpeople pasti setuju kan, kalau perencanaan itu nggak cuma yang seneng-seneng aja. Kenapa begitu ? Karena kebanyakan dari kita pasti akan merasa miris kalau sudah totalan harga untuk memenuhi hal yang ingin kita wujudkan, termasuk traveling. 

Nah, kalau kamu cuma berpikir kalau hal itu miris tanpa berbuat sesuatu, itu adalah yang harus kamu anggap “miris” yang sebenarnya. Kita diciptakan untuk dapat berbuat sesuatu dan kita tidak boleh hidup dengan kemirisan tanpa berbuat sesuatu. Coba sekarang mulai pikirkan hal yang membuatmu bahagia dan cari tau cara untuk memenuhi hal tersebut. Misalkan, kamu ingin mewujudkan traveling keliling Eropa atau memiliki rumah kira-kira 5 tahunan lagi.

  • Cari tau cara merencanakan liburan agar bahagia, disini

Setelah kamu mencari tahu apa saja yang harus dilakukan dan berapa biayanya, selanjutnya untuk 5 tahun itu, apa yang kamu lakukan ? Tentu saja kalau kamu benar-benar ingin mewujudkannya, kamu akan mulai menabung untuk mewujudkan hal tersebut sesegera mungkin. Namun, apakah menabung saja cukup ?

REKSA DANA PENDAPATAN TETAP DAPAT MENJADI SOLUSI

Mari kita ambil contoh. Menabung di tabungan biasa, bunganya 1 – 2 % per tahun belum termasuk pajak. Anggap setelah pajak, bunga yang diterima 0.5 – 1.5 % per tahun. Ada juga alternatif menabung di deposito dengan bunga sekitar 5 % per tahun setelah pajak. Berbeda dengan reksa dana pendapatan tetap. Nilai pengembalian dari reksa dana tersebut adalah 6 – 8 %. 

Sehingga, kalau kamu butuh 100 juta untuk keliling Eropa, maka dengan tabungan biasa kamu harus menabung hingga 1,65 juta; dengan deposito sekitar 1,5 juta; dan dengan reksa dana pendapatan tetap sekitar 1,36 hingga 1,45 juta per bulan.

Mana kira-kira yang kamu pilih ? Kalau kamu tertarik dengan reksa dana tersebut, maka kamu harus kenal dulu. Reksa dana pendapatan tetap konsepnya mirip dengan reksa dana lainnya. Hanya saja, sebagian besar portofolio asetnya dialokasikan pada produk keuangan obligasi dengan jangka waktu diatas 1 tahun. 

Kenapa dinamakan pendapatan tetap ? Karena investor obligasi akan mendapatkan kupon yang nilainya tetap kalau pembayaran lancar. Selain itu, produk reksa dana ini cocok untuk kamu yang memiliki profil risiko moderat alias menengah. Hal ini disebabkan produk obligasi dipengaruhi oleh tingkat suku bunga, kemampuan bayar peminjam (yang mengeluarkan obligasi), hingga tingkat likuiditas. Juga, kalau kamu memiliki tujuan keuangan jangka menengah kisaran 5 tahunan dan takut mengambil risiko terlalu dalam, kamu cocok dengan reksa dana ini. 

*

Nah, kira-kira kamu lebih suka menabung dimana nih untuk traveling nanti ? Mau di tabungan, deposito, maupun reksa dana pendapatan tetap harus disesuaikan dengan kebutuhan dan profil risikomu, ya. Yuk, kepoin reksa dana pendapatan tetap di aplikasi FUNDtastic-mu sekarang. Happy weekend, FUNDpeople !

About Greaty Kristanto

Seorang perencana, penulis, dan penikmat hidup yang gemar akan travelling, kuliner, dan uang. Dari 3 hal tersebut, seringkali terasa dinamika untuk menyampaikan hal-hal yang menyenangkan. Hal-hal tentang bagaimana membuat kombinasi antara perencanaan dan nikmatnya hidup, dalam tulisan yang dapat memberikan pengalaman bagi teman-teman pembaca.

View all posts by Greaty Kristanto →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *