Cari Tau Kenapa : Investasi Jaman Now di Obligasi

CARI TAU KENAPA SERIES 02

FUNDpeople, kenalkah kamu dengan istilah Saving Bond Ritel (SBR), Sukuk Tabungan (ST), Surat Utang Negara (SUN), dan Obligasi Ritel Indonesia (ORI) ? Ya, istilah tersebut mengacu pada obligasi, yang merupakan salah satu produk investasi favorit milenial di beberapa tahun terakhir ini. Bagaimana bisa? Yuk, cari tau kenapa.

OBLIGASI ITU, APA SIH ?

Pernah nggak sih temen kamu lupa bawa cash pas makan siang, terus minjem duit ke kamu? Nah, mirip seperti itu, obligasi adalah pinjaman dana yang kamu percayakan atau investasikan kepada perusahaan atau negara. Setiap obligasi memiliki jatuh tempo dan target nominal tertentu. 

Pada masa penawaran 11 Juli – 25 Juli 2019, Indonesia mengeluarkan Saving Bond Ritel seri 007 dengan jatuh tempo pada 10 Juli 2021 dan target 2 triliun. Tujuan dari SBR 007 ini untuk membantu negara untuk pembiayaan APBN. Semua obligasi yang beredar memiliki tujuan dan kupon yang berbeda. Kupon merupakan nominal pengembangan yang didapat dari penggunaan dana investasi obligasi. Biasanya, kupon ini akan ditransfer langsung ke rekening kamu, loh !

KENAPA INVESTASI DI OBLIGASI ?

Nah, kamu pasti pernah ngerasain kalau menagih utang ke temen, malah lebih galak yang punya utang, kan ? Tenang saja. Investasi di obligasi pemerintah dijamin oleh negara. Jadi pasti dibalikin, guys. Selain dijamin negara, investasi di obligasi pemerintah itu mudah karena sudah bisa online dan bisa dimulai dengan 1 juta rupiah saja. 

Pinjemin duit sama temen, baliknya sama, atau bahkan lupa ? Nggak banget, deh. Dengan obligasi, nilai pengembaliannya bersifat pasti, alias nominal kupon yang kamu dapat pada awal masa penawaran akan sesuai dengan yang kamu terima nantinya. Bahkan bisa floating, loh guys

Seperti pada SBR 007 ini, kupon bruto yang ditawarkan adalah 7,5 % per tahun (bruto = nilai sebelum pajak atau layanan) dan floating with floor. Artinya, apabila ada perubahan nilai suku bunga acuan, maka akan mendapat nilai penyesuaian yang lebih tinggi dari 7,5%. Sedangkan bila terjadi penurunan, maka kamu akan tetap menerima kupon minimal sesuai nilai awal yang ditawarkan.

RISIKO OBLIGASI YANG KAMU HARUS TAU

Risiko pada obligasi yang mungkin kamu hadapi adalah risiko likuiditas. Ya, namanya juga dananya dipakai untuk pengembangan hal tertentu, tentu saja tidak mudah bila investor tiba-tiba ingin mencairkan dananya. Selain itu, ada risiko maturitas yang menunjukkan kestabilan suatu negara atau perusahaan terhadap kemampuan bayar utangnya. Misalkan dengan jangka 2 tahun, apakah negara itu akan berkembang lebih baik ? Semakin negara tersebut maju, semakin rendah tingkat risiko maturitasnya. 

Ada juga risiko default pada obligasi perusahaan. Kenapa hanya di obligasi perusahaan ? Karena obligasi ini tidak dijamin pemerintah. Selain itu, dengan obligasi perusahaan, kemungkinan dana kamu tertahan hingga jatuh tempo dan ada kemungkinan gagal bayar bila akhirnya perusahaan tersebut tidak memberikan kinerja yang baik, atau bahkan bangkrut.

*

Nah, kira-kira tertarik nggak nih untuk investasi di obligasi ? Mumpung ada penawaran obligasi SBR seri 007, kenapa tidak coba alokasikan dana investasimu disini ? Ingat ya, dana investasi, bukan dana yang mungkin kamu gunakan dalam waktu dekat. Masih bingung? Ngobrol dulu dong, bareng dokter keuanganmu di aplikasi FUNDtastic-mu.  Happy Investing, FUNDpeople !

About Greaty Kristanto

Seorang perencana, penulis, dan penikmat hidup yang gemar akan travelling, kuliner, dan uang. Dari 3 hal tersebut, seringkali terasa dinamika untuk menyampaikan hal-hal yang menyenangkan. Hal-hal tentang bagaimana membuat kombinasi antara perencanaan dan nikmatnya hidup, dalam tulisan yang dapat memberikan pengalaman bagi teman-teman pembaca.

View all posts by Greaty Kristanto →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *