Cara Tetap Kaya Meski Gaji UMR

Cara Tetap Kaya Meski Gaji UMR

Tidak ada yang salah dengan gaji standar Upah Minimum Regional (UMR) karena cukup untuk kehidupan sehari-hari asal kamu bisa mengolah keuangan dengan tepat dan optimal. Kuncinya bukan besar gaji yang kamu terima, tetapi cara menggunakan untuk keperluan sehari hari.

Seperti kisah Noah seorang karyawan swasta dengan gaji UMR Jakarta. Dia memiliki rumah dari hasil menabung rutinnya dalam reksa dana. Dia juga selalu menjaga pengeluarannya sehingga hidup berkecukupan.

Noah saja bisa memiliki rumah walaupun dengan gaji UMR. Kamu juga pasti bisa. Caranya sangat mudah dan hanya perlu mengikuti saran-saran di bawah ini

Buat anggaran, buat keamanan keuangan.

Buat anggaran dengan pembagian 50% untuk kebutuhan, 10% untuk tabungan, 10% untuk investasi. Jika ingin berhutang maka batas maximal hutang 30%. Tapi, jika tidak ingin berutang maka kamu bisa memaksimalkan di investasi dan tabungan.

Anggaran itu seperti satpam dalam keuangan yang selalu mengingatkan dan mengawasi kamu jika melakukan pelanggaran.

Bayangkan jika kamu tidak memiliki pengingat. Bagaimana kamu bisa tahu jika pengeluaran kamu sudah melebihi batas?

Bijaklah pada uangmu

Ketika kamu melakukan pengeluaran, cobalah untuk bertanya kembali dan berpikir ulang. Apakah itu kamu membutuhkannya atau masih bisa ditunda.

Di zaman sekarang, kebutuhan dan keinginan memiliki perbedaan yang tipis. Kamu harus membedakannya dengan hati-hati dan jangan terburu-buru karena membuat semuanya terlihat sangat dibutuhkan.

Disiplin mencapai tujuan

Cobalah untuk rutin menabung di awal saat menerima gaji. Jangan pernah menyerah jika kamu gagal untuk disiplin menabung. Disiplin adalah proses untuk belajar. Jadi, jangan pernah putus asa untuk belajar yang membawamu pada tujuan.

Nah, tidak susah, kan? Daripada harus menaikkan pendapatan lebih baik atur kebiasaan buruk dalam keuangan kamu.

Jika kalian kesulitan dalam mengatur anggaran keuangan, cobalah instal aplikasi FUNDtastic di Google Playstore. Di sana kalian bisa membuat anggaran dan mencatat secara otomatis serta bisa langsung konsultasi gratis di menu konsultasi. Apalagi yang kamu tunggu? Instal sekarang juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *