Cara Cerdas Pakai Kartu Kredit

Cara Cerdas Pakai Kartu Kredit

Adi baru beberapa bulan lalu memiliki kartu kredit. Baru diaktifkan, dia langsung membeli sepatu sneakers keluaran terbaru dari sebuah brand terkenal. Di bulan selanjutnya, Adi menambah koleksi sepatunya dan terus berlangsung selama 5 bulan. Jangan tanya tagihan kartu kredit Adi. Jika waktu bisa diulang, Adi akan memilih untuk tidak meng-apply kartu kredit. Dia terus menerus membayar tagihan setiap bulan tanpa henti hingga membuatnya frustasi.

Adi adalah sekian kisah dari anak muda yang tidak tahu cara memakai kartu kredit dengan baik. Pertanyaannya, apakah kamu juga mengalami kondisi seperti Adi? Jika iya, kamu bisa duduk sejenak sambil membaca artikel ini dan merenungkan cara pemakaian kartu kredit kamu.

Kamu Harus Tahu, Kartu Kredit bukan Uang Tambahan

Jangan pernah menganggap dengan memiliki kartu kredit kamu memiliki uang tambahan. Gajimu tetap segitu, bukan gaji ditambah limit kartu kredit.

Anggap kartu kredit sebagai alat tunda bayar. Ingat, bunga kartu kredit bisa mencapai 40 persen yang bisa membuat dompet kamu kering tak selesai.

Maksimalkan Promo-promo di Kartu Kredit

Tidak ada salahnya jika ada promo kartu kredit dan kamu menggunakannya. Malahan itu sangat memberikan keuntungan untuk arus kas kamu. Syaratnya, kamu harus membayar penuh tagihan kartu kreditmu. Jangan pernah membayar minimum payment.

Jangan Pernah Hanya Membayar Minimum Payment

Ingat, ingat, dan ingat. Jangan pernah membayar tagihan kartu kredit hanya minimum payment saja. Sungguh, kamu nantinya akan menyesal.

Membayar minimum payment itu tidak menyelesaikan tagihanmu malahan cuma membayar bunga saja.

Hindari Beli Barang Konsumtif

Pada kasus Adi, dia menggunakan kartu kredit untuk membeli barang-barang konsumtif seperti sepatu. Kamu membeli barang yang nilainya akan turun dan tidak memberikan keuntungan bagi kamu. Apalagi jika kamu membayar setiap bulan hanya minimum payment saja.

Cukup Dua Kartu Kredit Saja

Kurangi kartu kredit kamu menjadi satu buah saja. Kalau mau lebih, jangan pernah lebih dari dua kartu kredit. Jangan lupa kalau kartu kredit bukan uang tambahan. Jika kamu punya banyak kartu kredit dan tidak dapat mengontrolnya. Kamu akan jatuh ke lubang besar dan dalam.

Kamu sedang kesulitan menggunakan kartu kredit atau ingin punya kartu kredit tapi masih ragu? Lebih baik kamu hitung arus kas kamu di aplikasi FUNDtastic. Catat keuanganmu dengan otomatis tanpa ribet.

Yuk, install FUNDtastic sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *