Bonus Akhir Tahun Beli Rumah, Bisa Banget!

Bonus Akhir Tahun Beli Rumah, Bisa Banget!

Ini adalah akhir tahun yang paling berkesan bagi Nadya. Dia bisa melunasi cicilan sepeda motor yang selama 30 bulan tidak kunjung selesai dan yang terpenting adalah Nadya mendapatkan bonus akhir tahun. Delapan juta Rupiah pada akhir tahun di luar gaji pokok membuat Nadya sumringah sepanjang hari.

Awalnya dia ingin sekali membeli kamera terbaru dengan cara tukar-tambah dengan kameranya yang lama. Tapi Nadya memutuskan untuk memasukan kedalam tabungan  khusus untuk uang muka rumah. Bonus tersebut sudah cukup menutupi biaya kekurangan akad serah terima rumah yang di daerah Kota Bekasi. Dengan mengawali tahun barunya nanti,  Nadya telah menempati rumah baru.

Melihat apa yang dilakukan Nadya tentu kita akan bertanya “dapet rejeki nomplok kok malah bingung. You Only Live Once, Nad!”. Namun sesuai dengan apa yang selalu orang bijak katakan, hidup haruslah berdasarkan tujuan.

Tidak ada yang melarang menggunakan bonus akhir tahun untuk kegiatan hura-hura. Gunakanlah uangmu semaumu! Dengan catatan gunakan uangmu dengan bijak. Enggak mau, kan dengan bonus akhir tahun kita masih tetap gesek tunai untuk membiayai makan sehari-hari?

Ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan ketika mendapatkan bonus akhir tahun agar kamu tidak kebingungan untuk menggunakan bonusmu. Disimak, ya:

Bayarlah Utangmu Terlebih Dahulu.

Memiliki hutang memang bikin tidak enak tidur dan tidak nyenyak makan. Dengan bonus akhir tahun lunasilah utang terlebih dahulu, kesampingkan anggaran investasi, tabungan, dan rencana jalan-jalanmu. Bonus akhir tahun akan sangat membantu mempercepat pelunasan utangmu. Ingat, membayar utang adalah kewajiban nomor satu!

Tahu Kebutuhan-Keinginan-Hasrat

Jangan sampai bonus akhir tahun membuat kita kaget. Persiapkan dirimu karena kesempatan hanya datang sekali. Penuhi apa yang menjadi kebutuhanmu seperti sandang, pangan, papan. Kemudian baru kita bisa menggunakannya untuk keinginan yang terjangkau dahulu sesuai budget dari bonus akhir tahun.

Sisihkan untuk Tabungan dan Investasi

Jangan lupa jug setelah kebutuhanmu semua terpenuhi, sisihkan untuk tabungan dan investasi sesuai kebutuhan. Jika sudah, kamu bisa mulai mencari destinasi wisata yang masuk wish list kamu atau  gadget terbaru yang sudah diidamkan sejak lama. Coba bayangkan bonus tadi hanya numpang lewat tidak berbekas, tabungan tidak bertambah, investasti juga tidak ada peningkatan.

Jangan sampai menjadi kaget dengan bonus akhir tahun, istilah orang jawa-nya jangan gumunan, jangan kagetan, jangan sampai bonus akhir tahun jadi bonus numpang lewat dan lebih parah lagi malah menimbulkan tunggakan-tunggakan baru jika kita tidak kelola dengan baik.

Sudah tidak bingung kan bonus akhir tahun digunakan untuk hal apa. Jangan lupa juga selalu catat pemasukan dan pengeluaran bonus  akhir tahunmu tadi di FUNDtastic. Supaya akhir tahunmu menjadi lebih nikmat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *