Belanja Akhir Tahun, Bukan Akhir Kehidupanmu

Belanja Akhir Tahun, Bukan Akhir Kehidupanmu

Sandra bersemangat sekali menghadapi akhir tahun 2018. Bukan karena akan ada libur panjang tetapi diskon di berbagai tempat belanja menjadi incarannya. Lemari Sandra sudah dipenuhi baju-baju lama dan dia sudah menyiapkan daftar barang-barang yang diincarnya. Keuangannya pun diatur sedemikian rupa beserta bonus-bonusnya.

Berbeda dengan Sandra, Sarah tidak terlalu antusias menghadapi diskon akhir tahun. Belanja kalap di akhir tahun kemarin membuatnya enggan pergi atau sekadar mengecek diskon di online shop. Arus kas dia yang seharusnya sehat-sehat saja, mendadak berubah menjadi minus karena dia tidak mampu menahan gejolak masa mudanya untuk berbelanja.

Dari dua situasi di atas, kamu tentu ingin seperti Sandra yang memiliki rencana yang matang untuk menghadapi diskon akhir tahun. Kira-kira, apa saja yang dibutuhkan agar kita bisa menjadi Sandra, ya?

Buat Target Barang Belanja

Apa yang dilakukan Sandra adalah hal yang benar. Dengan membuat daftar belanja dan mempersiapkan uang khusus untuk belanja akhir tahun. Sandra tahu bahwa dia tidak boleh kalap dan tetap terpenuhi keinginannya. Kamu bisa membuat daftar belanja dari hal yang paling urgent hingga kecil. Sesuaikan juga dengan arus kas kamu, ya.

Bandingkan Berbagai Merk

Di mal atau online shop kamu akan melihat banyak sekali barang dengan berbagai merk. Dari yang kualitasnya original hingga yang KW dari Vietnam. Jangan langsung tergoda dengan merk tertentu. Cari pembanding merk lain, apalagi jika kamu tidak memiliki merk favorit.

Bawa Uang Sesuai Anggaran

Pergi ke mal untuk niat belanja akhir tahun, kamu harus disiplin. Kuncinya adalah disiplin. Jangan membawa anggaran melebihi yang sudah direncanakan. Jika ternyata barang-barang yang kamu inginkan melebihi kantong, jangalah langsung membeli. Keliling mal atau cari mal lain. Siapa tahu kamu mendapatkan harga yang lebih murah dan sesuai budget, bukan?

Kamu tentunya perlu membedakan keinginan dan kebutuhan sebelum berbelanja akhir tahun. Jika kamu sudah mengerti apa perbedaanya, tidak ada lagi kesulitan dalam membuat daftar belanja.

Selain itu, kamu perlu juga melihat kesehatan keuanganmu. Jangan seperti Sarah yang berbelanja tanpa melihat arus kas dan berakhir dengan kesedihan di awal tahun.

Cek kondisi kesehatan uangmu terlebih dahulu di FUNDtastic. Siapa tahu, kamu malah punya sisa arus yang lebih setelah melakukan financial check up di Dompet Pintar. Ayo, segera install FUNDtastic di handphone kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *