Begini Sukses Investasi Reksa Dana ala Bang Sandy

SUKSES ALA BANG SANDY

Perkenalkan, Bang Sandy, seorang karyawan swasta perantau yang tinggal dalam kerasnya hidup di ibukota. Semangatnya yang tak pernah padam membuat hari-harinya selalu bermakna, termasuk dalam mengatur keuangan pribadinya. Walaupun uang bukan satu-satunya kebahagiaan, tapi penting baginya untuk bisa mengelola keuangannya untuk memenuhi tujuan keuangannya.

Salah satu tujuan keuangan yang baru saja dia penuhi adalah membeli motor untuk mendukung mobilitasnya sehari-hari. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, ada serangkaian hal yang perlu disesuaikan. Hal-hal yang tidak dipaksakan dan tetap membuat hidup nyaman. Apa sajakah ?

M : MANTAPKAN PERJUANGAN

Bang Sandy bercerita bahwa hal yang perlu dimantapkan adalah tujuan keuangan yang jelas. Hal tersebut akan memotivasi kamu untuk mendapatkannya. Apakah tujuan keuangan itu hanya sekadar keinginan atau benar-benar kebutuhan ? Bang Sandy membeli motor untuk menghemat anggaran transportasi umum yang selama ini ia gunakan. Selain itu, dia juga dapat menghemat waktu dan mobilitasnya akan lebih baik. Sehingga, membeli motor ini adalah suatu kebutuhan.

Kemudian, Bang Sandy lanjut mempelajari “kendaraan” yang akan dipakai untuk menuju tujuan tersebut. Sebagai contoh, ada produk reksa dana, deposito, dan saham. Bang Sandy telah mempelajari tingkat risikonya, tingkat pengembalian, hingga histori kinerja produk yang oke punya. Masing-masing produk memiliki profil yang unik. Bang Sandy akhirnya memilih produk reksa dana pasar uang karena risikonya rendah dan dapat memenuhi tujuan keuangan jangka pendeknya, yakni dibawah 1 tahun.

AU : ATUR UANG

Dalam memenuhi tujuan keuangan ada 2 metode, yakni lunas diawal atau lunas diakhir. Lunas diawal berarti kamu menabung atau investasi dulu. Setelah nominalnya memenuhi, uang tersebut kamu gunakan untuk membeli barang. Dan sebaliknya, lunas diakhir berarti kamu memenuhi tujuan keuangan dengan persetujuan kredit, lalu kamu mencicil setiap bulannya.

Bang Sandy lebih memilih metode lunas diawal. Kenapa ? Tentu saja dengan menabung atau berinvestasi terlebih dulu, Bang Sandy sudah menghadapi kejadian-kejadian yang mungkin terjadi selama memenuhi anggaran untuk tujuan investasinya. Berbeda bila Bang Sandy memilih lunas diakhir, bisa saja selama membayar cicilan, terjadi hal mendadak yang harus segera dipenuhi sehingga dapat merusak anggaran bulanan Bang Sandy atau bahkan harus nambah kredit. Nggak banget !

KA : KALAHKAN KEINGINAN

Yang satu ini juga nggak kalah penting, loh ! Seringkali kita sudah mulai menetapkan untuk mulai menabung dan berinvestasi. Bahkan, kita juga sudah mengikuti tahap merencanakan tujuan investasi dan mengikuti prosesnya. Eh, ditengah jalan kita malah tergoda untuk nonton konser atau membeli sesuatu hingga akhirnya harus mengabaikan kedisiplinan dalam berinvestasi.

Bang Sandy telah bertekad sejak awal untuk disiplin dalam berinvestasi. Ia harus menetapkan setiap hari hanya menghabiskan kurang dari 100 ribu rupiah. Selain itu, dia juga harus membatasi anggaran untuk sekadar hiburan yang biasa dia lakukan setiap minggu. Membangun kesadaran dan kedisiplinan investasi untuk memenuhi tujuan investasi adalah hal yang perlu dilakukan sedini mungkin. Mungkin ada orang bilang, “ya elah cuma motor doang” atau “yaampun cuma pengen jalan jalan ke Bali doang aja sampe nggak mau nongkrong lagi”. Semua itu adalah keputusanmu. Apakah nggak nongkrong salah ? Apakah nggak nonton di bioskop setiap minggu salah ? Jangan sampai kamu kalah dengan gengsi, gara-gara lingkunganmu.

YA : YAKIN INDAH PADA AKHIRNYA

Pernah nggak sih, ninggalin sesuatu tapi yakin indah pada akhirnya ? Bang Sandy aja, setelah menetapkan investasi 1 tahunan di pasar uang dengan nominal sekian setiap bulannya, ditinggalin begitu aja. Tapi, berbeda dengan ninggalin doi karena diselingkuhin, ninggalin investasi biar dikelola oleh Manajer Investasi tepercaya mah akan indah pada waktunya, loh ! Ingat, kunci investasi adalah waktu. Kayak cerita Bang Sandy tersebut, setelah 1 tahunan, dapatlah dia motor yang diinginkan dari hasil investasinya. Nggak perlu ditungguin terus, FUNDpeople. Investasi nggak bakal ilang kemana kok, asal produknya tepercaya.

*

Nah, apakah cerita inspirasi dari Bang Sandy tersebut membuatmu jadi pengen ikutan investasi ? Langsung aja inget dan lakukan tips MAU KAYA tersebut. Dijamin, tujuan keuangan kamu tercapai dan indah pada waktunya, deh. Masih penasaran ? Langsung aja ngobrol ama dokter keuanganmu agar kamu semakin cepet dapetin tujuan keuanganmu.

About Greaty Kristanto

Seorang perencana, penulis, dan penikmat hidup yang gemar akan travelling, kuliner, dan uang. Dari 3 hal tersebut, seringkali terasa dinamika untuk menyampaikan hal-hal yang menyenangkan. Hal-hal tentang bagaimana membuat kombinasi antara perencanaan dan nikmatnya hidup, dalam tulisan yang dapat memberikan pengalaman bagi teman-teman pembaca.

View all posts by Greaty Kristanto →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *