Atur Pengeluaranmu Atur Masa Depan Sekarang Juga

Atur Pengeluaranmu Atur Masa Depan Sekarang Juga

Lagi-lagi kita membicarakan Niko yang ada di artikel Tahu Arus Kas, Tahu Tujuan Hidupmu. Niko selalu merasa pendapatannya kurang tetapi pengeluaran terus bertambah tanpa henti. Solusi yang dia pikirkan adalah meningkatkan pemasukan/gaji saja. Padahal, tanpa Niko sadari semakin gaji meningkat maka pengeluaran dia juga ikut meningkat.

Itu adalah cerita lama mengenai karyawan yang hidup dari gaji ke gaji. Kami tidak ingin kamu berada di posisi Niko. Kamu harus melakukan perubahan dalam pos-pos pengeluaran tetapi bagaimana?

Ini tips yang baik untuk mengatur pengeluaranmu.

Cek Pengeluaran Rutin Kamu

Pos pertama yang harus kamu atur pertama kali adalah pengeluaran rutin. Isinya adalah anggaran untuk makan, transportasi, hingga membayar hutang. Hitung berapa banyak pengeluaran rutin kamu. Dahulukan pengeluran ini sebelum menentukan pengeluaran di pos lain.

Dana Jaga-jaga, Selanjutnya

Setelah kamu membuat pos pengeluaran rutin, segera tentukan anggaran untuk berjaga-jaga. Ada dua hal yang bisa kamu atur. Pertama adalah dana darurat. Kedua adalah untuk proteksi. Tujuan utama dari pengeluaran ini adalah menjaga arus kas yang kamu miliki.

Siapkan Tabungan dan Investasi

Sekarang kamu bisa dengan tenang menyiapkan pengeluaran untuk tabungan dan investasi. Kamu baru bisa mengatur tabungan dan investasi setelah arus kas kamu sudah aman dari pengeluaran rutin ditambah dana darurat. Jangan pernah memprioritaskan uang untuk berinvestasi tanpa memiliki dana darurat.

Uang untuk Donasi? Kenapa Tidak?

Jangan lupakan lingkungan sekitarmu dalam mengatur pos pengeluaran. Kamu bisa mengalokasikan sisa arus kas kamu untuk pos donasi. Uang ini bisa kamu gunakan untuk memberi uang kondangan, korban bencana, atau pengamen di pinggir jalan.

Tidak ada yang sulit dalam mengatur pos-pos pengeluaran. Kamu hanya perlu merencanakan dari awal menerima gaji untuk pos-pos di atas.

Apabila kamu masih kesulitan mengatur pos-pos pengeluaran, kamu bisa menggunakan fitur Dompet Pintar FUNDtastic. Di sana kamu bisa melakukan financial check up untuk tahu bagaimana kondisi kesehatan keuanganmu. Setelah itu, kamu bisa mengatur pengeluaranmu dengan mudah.

FUNDtastic juga memberikan kemudahan bagimu untuk curhat dengan Dokter Keuangan. Semuanya bisa kamu akses dengan mudah di ponsel sekarang juga.

Yuk, instal FUNDtastic!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *