Apa Keuntungan Menabung dan Berinvestasi di Awal Gajian?

AWAL GAJIAN

Sudah akhir bulan nih, FUNDpeople! Biasanya apa sih yang paling kamu tunggu menjelang akhir bulan? Promo, cashback, dan pay day, bukan? Nah, setiap bulannya, ketiga hal tersebut merupakan secercah “hiburan” bagi para pekerja yang telah bekerja begitu giatnya dalam satu bulan. Banyak sekali merchant, toko, maupun online store yang mengadakan promo dan cashback untuk memeriahkan momen ini. 

Sayangnya, seringkali kita mendapati ada yang tertinggal dari kemeriahan pay day, yakni menabung dan berinvestasi. Menabung dan berinvestasi merupakan hal yang dianggap “bisa dinanti-nanti” yang berakhir pada lupa dan alasan-alasan untuk membela diri. Nah, hari ini kita akan membahas kenapa menabung dan berinvestasi itu sebaiknya dilakukan di awal gajian atau pada saat kita menerima pendapatan. Yuk, cari tau alasannya dibawah ini.

MEMBANGUN KOMITMEN DIRI

Seringkali yang membuat kita lupa atau mengabaikan untuk menabung dan berinvestasi adalah kurangnya motivasi dari kedua hal tersebut. Seperti saat kita memiliki tugas tertentu dengan deadline yang masih lama, maka yang kita sering lakukan adalah menunda-nunda karena kita tahu masih ada hari esok. Pada akhirnya, kita terbuai dan terjebak saat deadline semakin mendekat. Upaya lebih keras harus dikerahkan untuk dapat memenuhi “garis finish” dari tugas tersebut. Lalu, apa hasilnya? Belum tentu hasilnya akan selalu memuaskan. Ada kemungkinan hasilnya akan “dipaksakan” yang penting selesai atau bahkan tidak tercapai sama sekali.

Oleh karena itulah, kamu harus punya pegangan yang kuat dari tabungan dan investasi yang kamu jalani. Pegangan yang kuat yang dimaksud adalah tujuan keuanganmu. Tujuan keuanganmu harus bersifat SMART (SpecificMeasurable Achievable Realistic Timeable). Tujuan keuangan yang SMART pasti akan memotivasimu untuk segera mencapainya. Selain itu, dengan rutin menabung dan berinvestasi di awal gajian, kamu akan belajar disiplin dan berkomitmen pada dirimu sendiri untuk masa depanmu.

TERASA MENYENANGKAN DAN BERSEMANGAT

Pernah nggak sih kamu liburan ke suatu tempat baru yang ingin sekali kamu kunjungi dan kamu merasa merinding karena saking bahagianya? Tentu saja, kalau kita berlibur ke tempat yang baru dan keren, pasti akan terasa menyenangkan dan sangat bersemangat, bukan? Ya, walaupun tidak mirip-mirip banget, menabung dan berinvestasi memang tidak langsung terasa sensasinya, FUNDpeople. Kamu harus menyisihkan di awal gajian untuk tujuan keuanganmu yang akan kamu rasakan di kemudian hari.

Sama seperti pepatah “bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian”. Menabung dan berinvestasi mungkin akan menyita anggaran hiburanmu atau mungkin dengan kamu jadi tidak bisa makan enak di restoran setiap hari. Tapi, bukan berarti kamu tidak bisa hidup dengan berkurangnya anggaran hiburanmu atau tidak bisa makan enak di restoran setiap hari, kan? Mungkin dengan berkurangnya gengsi maupun gaya hidupmu saat ini, menjadikan kamu bahagia di masa depan. Atau, bisa juga keuanganmu di masa depan aman sentosa karena kamu sudah berinvestasi sejak dini. Menarik, bukan?

PASTI ADA DANANYA DAN BEBAS GODAAN

Sering nggak sih kamu mendengar alasan “aduh, duitnya habis nih” atau “duit tabungan dan investasinya kepake dulu kemarin buat nongkrong terus sama temen”? Alasan-alasan tersebut seharusnya tidak berlaku di awal gajian karena tentunya kamu baru saja menerima penghasilan. Bila kamu telah memiliki tujuan keuangan yang SMART, tentu dana gajian tersebut langsung kamu ambil bagiannya untuk ditabung maupun diinvestasikan tanpa kompromi lagi. 

Selain itu, menabung dan berinvestasi di awal gajian dapat dilakukan untuk menghindari godaan yang pasti muncul setelah kamu menerima penghasilan tersebut. Tidak bohong kalau kita pasti akan mencari promo terbaru yang sedang berlangsung, mulai dari belanja kebutuhan, makan dan minum, tempat nongkrong, hingga toko baju dan sepatu. Biasakan untuk menabung dan berinvestasi terlebih dulu, baru membelanjakan dari hasil sisa anggaran tersebut. Dijamin, tidak ada lagi yang namanya kecolongan tidak berinvestasi.

*

FUNDpeople sendiri dalam menabung dan berinvestasi adalah tim awal bulan atau tim akhir bulan, nih? Sebenarnya mau awal bulan, akhir bulan, setiap hari, maupun setiap minggu itu terserah kamu. Yang penting kuncinya hanya satu, yakni konsisten. Toh, ini juga dari kamu dan untuk kamu. Kamu yang menabur dan kamu pula yang menuai. Jadi, jangan tunda-tunda lagi ya, FUNDpeople!

About Greaty Kristanto

Seorang perencana, penulis, dan penikmat hidup yang gemar akan travelling, kuliner, dan uang. Dari 3 hal tersebut, seringkali terasa dinamika untuk menyampaikan hal-hal yang menyenangkan. Hal-hal tentang bagaimana membuat kombinasi antara perencanaan dan nikmatnya hidup, dalam tulisan yang dapat memberikan pengalaman bagi teman-teman pembaca.

View all posts by Greaty Kristanto →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *