Agar Kamu Tidak Tersesat dengan Bunga Flat dan Tidak Flat

Agar Kamu Tidak Tersesat dengan Bunga Flat dan Tidak Flat

s“Dijual rumah di daerah sekitaran Bintaro dengan bunga flat.”

“Bro, di Cilandak ada rumah yang dijual tapi bunganya gak flat.”

Pernahkah kamu mendengar kalimat tersebut dan bertanya-tanya apa beda antara bunga flat dan tidak flat? Tenang saja. Kamu bukan satu-satunya spesies di muka bumi Indonesia yang tidak mengerti bedanya kedua bunga tersebut. Masih banyak orang dari generasi tua hingga generasi muda dan tidak tahu sama sekali perbedaan kedua bunga tersebut.

Lantas, apa sih bunga flat dan tidak flat yang lebih sering disebut bunga efektif itu?

Bunga Flat, Bunga Tidak Berubah-ubah

Jika kamu bingung perbedaan kedua bunga tersebut. Gampangnya, bunga flat adalah bunga yang tidak berubah-ubah. Sulitnya, bunga flat adalah bunga yang mengikuti pokok awal dari hutang. Intinya, cicilan kamu tidak akan berubah dari awal hingga akhir.

Contohnya ketika kamu mengambil cicilan motor dan keterangannya adalah bunga flat dengan Rp750.000 per bulan. Dari bulan awal hingga habis, kamu hanya perlu membayar Rp750.000 per bulan.

Cicilan dengan bunga flat ini cocok untuk kamu yang tidak suka dengan resiko. Biasanya juga, cicilan ini digunakan untuk mobil, motor, atau gadget yang kamu pakai sekarang.

Bunga Efektif Cocok untuk Apa Ya?

Bunga efektif dihitung berdasarkan sisa hutang. Angsuran hutang pun selalu sama tetapi bobot bunga  lebih besar di angsuran awal dan mengecil ke bulan-bulan selanjutnya. Contohnya seperti infografis di bawah ini.

Agar Kamu Tidak Tersesat dengan Bunga Flat dan Tidak Flat
Agar Kamu Tidak Tersesat dengan Bunga Flat dan Tidak Flat

Masih bingung dengan perbedaan antara bunga flat dan efektif? Kamu bisa tanyakan lebih detail lagi dengan Dokter Keuangan di FUNDtastic. Kamu juga bisa belajar untuk menentukan bunga apa yang coock dengan arus kas kamu saat ini. Yuk, instal FUNDtastic sekarang juga.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *