7 Hal Penting Yang Sering Kamu Abaikan Dalam Mengelola Keuangan

7 Hal Penting Yang Sering Kamu Abaikan Dalam Mengelola Keuangan

Banyak diantara kalian yang tabungannya terus-menerus tipis. Ternyata, setelah dihitung, pengeluaran lebih banyak dari pemasukan. Itukan artinya defisit. Pasti kamu bahagia kalau kamu tahu bahwa ini bukan masalahmu saja. Banyak orang diluar sana mengalami hal yang serupa!

Salah satu penyebabnya adalah kamu nggak mencatat pengeluaran sehari – hari kamu. Ini berarti kamu nggak punya perencanaan keuangan, asal saja dalam mengelola keuangan. Sebenarnya, sadar atau tidak, kamu sudah punya prediksi terkait pengeluaran mu dari jumlah pemasukan yang kamu dapatkan.

Hitung Penghasilan Setiap Bulan

Tetapkan penghasilan mu setiap bulan. Kalau kamu bekerja kantoran dan mendapat gaji rutin, pastikan  bahwa pendapatanmu memang akan segitu (tidak berkurang karena hutang, kebutuhan tidak penting, dll). Atau kalau kamu punya bisnis yang omsetnya berbeda-beda tiap bulan, kamu bisa tetapkan nominal yang akan menjadi pemasukkan ‘pasti’ mu per bulannya.

Hitunglah Pengeluaran Kamu Setiap Bulan

Kamu harus konsisten dalam menghitung pengeluaran yang kamu keluarkan setiap bulannya. Kamu harus membuat rencana anggaran keuangan, sehingga kamu bisa melihat alokasi dana dengan jelas setiap bulannya.

Kurangi Pengeluaran Untuk Hal – Hal Yang Tidak Penting

Jangan mudah tergoda untuk hal – hal yang tidak penting. Sisa uang yang kamu punya akan bisa kamu gunakan untuk biaya – biaya yang tidak terduga (misalnya sakit mendadak, kecelakaan, dan lain sebagainya). Lakukan perencanaan lagi untuk bulan – bulan selanjutnya.

Catatlah Pengeluaran–Pengeluaran Diluar Dugaan

Catatlah untuk biaya – biaya yang keluar, yang tidak termasuk dalam perencanaan kamu. Misalnya, memberi kado keluarga, pesta bersama relasi kantor, dan lain sebagainya.

Menghadapi Defisit Dengan Bijak

Apabila terjadi defisit, kamu harus membuat anggaran dengan lebih baik lagi untuk bulan – bulan selanjutnya. Potong lah beberapa alokasi dana agar dapat menutupi kebutuhan – kebutuhan kita yang penting.

Memaksimalkan Surplus

Kalau keuanganmu surplus, jangan banyak mikir… Gunakanlah untuk hal-hal yang penting seperti membayar hutang, menabung, investasi, atau tabungan modal bisnis!

Evaluasi Tiap Akhir Bulan Dan Anggarkan Keuangan Tiap Awal Bulan

Pastikan kamu selalu mengevaluasi keuanganmu tiap akhir bulan, menganalisa masalahnya, membuat perencanaan untuk mengatasi masalahnya, dan anggarkan keuangan tiap awal bulan. Kamu bisa menggunakan aplikasi Fundtastic secara gratis untuk membantu mengelola keuangan kamu. Ada fitur smart wallet yang bisa mengecek kesehatan finansialmu, serta kamu juga bisa membuat janji bersama perencana keuangan bersertifikat dari Fundtastic. Banyak sekali orang yang sudah terbantu dengan aplikasi ini dan sekarang saatnya giliran kamu. Yuk download sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *