5 Cara Selamatkan Uangmu

Apa kamu merasa sulit dalam mengelola keuanganmu? Pengeluaran yang lebih besar dibanding pemasukkan kerap kali membuat kamu kesulitan mengelola uang. Kalau ini terus menerus terjadi, bisa-bisa kamu ngga punya simpanan untuk masa depan. Sebenarnya, kamu bisa mulai dari hal-hal kecil seperti melakukan pencatatan keuangan sehari-hari. Simpel bukan? Yuk, Fundtastic kasih tahu 5 cara mencatat keuangan yang bisa menyelamatkan keuangan kamu.

1.Susun Rencana Keuangan Kamu Per Bulannya

Hal paling mendasar dalam mencatat keuangan adalah menyusun rencana keuangan kamu per bulannya. Mulailah membuat rencana keuangan menjadi dua bagian, yaitu kebutuhan pokok dan sekunder. Jangan lupa untuk menyediakan dana darurat, seperti dana kesehatan, servis kendaraan, dan kebutuhan-kebutuhan darurat lainnya.

2.Buat Rekening Khusus Untuk Menabung

Kamu bisa membuat dua macam rekening untuk mencatat tabungan bulananmu. Pilihlah rekening dengan biaya administrasi bulanan yang paling rendah. Rekening ini kamu gunakan khusus untuk menabung. Jangan tergoda untuk mengotak-atik rekening tabungan kamu per bulannya, kecuali jika benar-benar darurat.

3.Catatlah Laporan Keuanganmu Per Hari, Lakukan Perbandingan Antara Pengeluaran Dan Pendapatan

Jangan lupakan nominal pengeluaran anda per hari nya. Catatlah semua pengeluaran kamu setiap harinya. Cara ini akan membantu mu mengingat dan menganalisa kemana saja pergi nya uangmu selama ini. Lakukan perbandingan antara pengeluaran dan pendapatan, agar kamu bisa melakukan analisa mengenai barang-barang apa saja yang sebenarnya tidak kamu butuhkan untuk dibeli.

4.Jangan Suka Ngutang. Catat Segala Tagihan Kamu, Segera Bayar Tagihan Apapun Yang Kamu Punya

Begitu kamu gajian, segera lah bayar tagihan apapun yang kamu punya. Catat segala tagihan kamu. Seperti tagihan listrik, telepon, cicilan rumah / kendaraan, bayar sewa kost / kontrakan, dan lain sebagainya. Hal ini sangat penting agar tidak mengganggu keuanganmu sehari-hari. Membayar semua tagihan di awal bulan akan membuatmu tenang untuk menjalani hari-harimu untuk sebulan ke depan. :p

5.Menabung Dan Investasi Lah

Langkah terakhir, setelah kamu melakukan keempat cara tersebut dan memiliki sisa tabungan, ada baiknya jika kamu menyisihkan dana tersebut untuk investasi. Kamu bisa mengikuti asuransi, investasi saham, reksa dana, atau pun membeli emas dan perhiasan lain dengan nilai yang tinggi. Ini tentunya berbeda dengan menabung. Kalau menabung, kamu bisa ambil hasilnya kapanpun. Dengan investasi, kamu baru akan mendapatkan keuntungan di masa depan.

Kamu butuh bantuan dalam mencatatkan keuangan harianmu berdasarkan 5 tips berikut? Atau mungkin… Kamu bingung, berapa porsi nominal yang ideal untuk mengalokasikan dana terhadap 5 hal tersebut? Kamu bisa mendapat bantuan dari aplikasi Fundtastic, aplikasi perencana keuangan terpercaya yang bisa kamu download secara gratis di smartphone mu. Ada fitur smart wallet yang bisa mengecek kesehatan uangmu, lalu membuat perencanaan keuangan berdasarkan pendapatan, pengeluaran, dan sisa tabungan di rekening kamu. Selain itu, kamu juga konsultasi dengan perencana keuangan bersertifikat dari Fundtastic. Selayaknya dokter, mereka akan menyehatkan keuangan dompetmu. Ribuan orang dari berbagai macam profesi sampai mahasiswa sudah terbantu dengan aplikasi tersebut, sekarang giliran kamu. Yuk download sekarang!

About Greaty Kristanto

Seorang perencana, penulis, dan penikmat hidup yang gemar akan travelling, kuliner, dan uang. Dari 3 hal tersebut, seringkali terasa dinamika untuk menyampaikan hal-hal yang menyenangkan. Hal-hal tentang bagaimana membuat kombinasi antara perencanaan dan nikmatnya hidup, dalam tulisan yang dapat memberikan pengalaman bagi teman-teman pembaca.

View all posts by Greaty Kristanto →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *