4 Langkah Sempurna membuat Arus Kas Jadi Sehat

4 Langkah Sempurna membuat Arus Kas Jadi Sehat

Kamu tentunya tidak ingin hidup begitu-begitu saja seperti yang dialami Niko (baca: Tahu Arus Kas, Tahu Tujuan Hidupmu). Hidup dari gaji ke gaji tanpa memikirkan arus kas pergi entah kemana. Padahal, mengatur arus kas dapat membantu kita mengurangi keretakan kecil yang bisa mengancam masa depan kita.

Ibarat seperti rumah, arus kas adalah fondasi untuk membuat rumahmu menjadi istanamu. Permasalahan yang dihadapi Niko atau dirimu saat ini adalah tidak tahu bagaimana harus membuat fondasi arus kas yang kuat.

Padahal semuanya dimulai dari langkah kecil. Sesederhana langkah-langkah di bawah ini

Arus Kas Baik itu Kayak Apa?

Fondasi rumah yang kuat menggunakan semen dan pasir berkualitas. Arus kas yang kuat adalah jika pendapatan kamu melebihi pengeluaran kamu.

Apabila pengeluaran kamu ternyata melebihi pendapatan, berhati-hatilah, karena arus kas kamu sedang negatif. Bahkan, arus kas kamu tetap negatif ketika pendapatan dan pengeluaran seimbang. Hal ini karena kamu tidak dapat menyiapkan dana darurat, pensiun, hingga berinvestasi.

Sekarang, Hitung Pengeluaranmu

Sudah tahu arus kas yang kuat itu seperti apa? Nah, kamu bisa langsung menghitung pengeluaranmu sekarang. Ada dua jenis pengeluaran yaitu tetap dan tidak tetap.

Pengeluaran tetap itu seperti beli pulsa atau bayar tagihan BPJS. Sedangkan pengeluaran tidak tetap adalah donasi atau tambal ban motormu yang tiba-tiba bocor. Coba hitung pengeluaranmu sebulan atau dua bulan belakangan ini.

Sudah Optimalkan Pengeluaranmu?

Biaya makan kamu mencapai dua pertiga pendapatan? Kuota kamu sering habis jadi beli pulsa terus? Tiba-tiba pengeluaranmu untuk nongkrong sama teman jadi banyak? Ketiga contoh tersebut adalah bukti tidak optimalnya pengeluaranmu saat ini.

Coba buat daftar pengeluaranmu. Hilangkan pos yang tidak penting lalu kontrol setiap pengeluaran. Tahan keinginanmu dan dahulukan kebutuhanmu.

Catat Arus Kas Kamu di FUNDtastic

Kamu tentu membutuhkan aplikasi yang dapat membantu pencatatan arus kas kamu secara otomatis. FUNDtastic memberikan kamu kemudahan untuk mencatat semua pendapatan dan pengeluaran. Hanya perlu menghubungkan akun bank dan semua transaksi kamu dapat dimonitor secara otomatis.

Yuk, install FUNDtastic dan bersama kita kuatkan fondasi keuanganmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *