3 Pilar Kecil untuk Bangun Sukses Mudamu

PILAR KECIL

FUNDpeople, sadarkah kamu kalau sesuatu yang besar itu dimulai dari yang kecil? Seperti contoh, kamu menunda satu pekerjaan, kemudian muncul pekerjaan baru, akhirnya pekerjaanmu jadi menumpuk. Atau misalnya bocor kecil di keran kamar mandimu, lalu kamu biarkan, akhirnya semakin besar bocornya.

Sama seperti kalau kamu mau sukses. Kesuksesan tidak semata-mata datang begitu saja. Tentu saja, beda halnya antara kekayaan turunan dan membangun kesuksesan dari nol. Hari ini kita bahas 3 pilar kecil yang perlu kamu bangun dari sekarang untuk bangun sukses finansialmu di masa mendatang.

DANA DARURAT UNTUK HAL TAK TERDUGA

Seringkali, banyak dari kita mengabaikan hal tak terduga. Alasan klasik “gue sih kayaknya aman-aman aja” atau “gue kayaknya selalu cukup deh” sering kita dengar. Ya, memang kejadian yang tak terduga tidak selalu terjadi. Kalau sering terjadi, ya namanya kejadian terduga yang kamu bisa pelajari pola kejadiannya.

Kejadian tidak terduga, seperti PHK, kecelakaan, atau pun musibah lainnya tidak dapat kita kontrol. Oleh karena itu, perlu dipersiapkan agar saat hal itu terjadi, kamu tidak kewalahan dan “aman-aman saja”. Dana darurat diperuntukan untuk memenuhi dari sisi finansial atas terjadinya kejadian tidak terduga ini. Namanya juga untuk kejadian tak terduga, berarti benar-benar digunakan bila terjadi kejadian tersebut.

Berapa besaran yang pas untuk dana darurat? Umumnya, dana darurat bernilai 3 hingga 12 kali pengeluaran bulanan. Tentu saja, nilai kelipatan dana darurat yang terlalu besar tidak baik pula, apalagi kalau kamu belum memenuhi pos tujuan keuanganmu yang lainnya. Sebagai catatan, dana darurat harus disimpan dalam bentuk likuid, contohnya tabungan, reksadana pasar uang, atau emas batangan.

BELUM PUNYA ASURANSI? MILIKI 1 SEKARANG!

Apakah kamu pernah terganggu akan tawaran kepemilikan asuransi? Kalau kamu tidak punya satupun asuransi yang tepat untuk melindungimu, berarti kamu yang salah. Pada dasarnya, asuransi digunakan untuk memproteksi kamu dari beberapa risiko. Risiko yang pertama adalah kesehatan dan penyakit kritis.

Data menunjukkan bahwa tingkat kewajaran suatu penyakit kritis pada suatu populasi terus meningkat setiap tahunnya. Bahkan sepanjang tahun 2018 saja, data dari suatu asuransi menunjukan bahwa total nilai klaim dari pertanggungan penyakit kritis mencapai lebih dari 375 miliar. Tentu saja, dari hal ini bisa disimpulkan bahwa penyakit kritis dapat memakan biaya yang besar. Apakah dana darurat saja cukup?

Risiko kedua adalah pertanggungan jiwa. Pertanggungan jiwa ditujukan untuk kamu yang menanggung keluarga, saudara, atau kerabat. Pertanggungan ini diharapkan dapat melindungi mereka yang ditinggalkan dari kendala finansial bila sekiranya kamu sebagai “penanggung finansial” mengalami risiko kematian. Risiko lainnya adalah kerusakan properti maupun kendaraan. Dengan adanya asuransi ini, cash flow bulanan kamu jadi tidak berantakan.

PENSIUN SEKARANG ATAU NANTI, SIAPKAN MULAI HARI INI

Masa pensiun adalah masa dimana seharusnya kita sudah tinggal menikmati hidup, bukan untuk mencari penghasilan lagi. Dengan menentukan masa pensiun, maka sudah seharusnya kamu berada di titik dimana uang yang bekerja untuk kamu. Bagaimana caranya? Dengan mengetahui nominal dana pensiun nantinya, kamu harus mulai menginvestasikan dari sekarang pada instrumen investasi yang tepat.

Sebagai contoh, perhitungan kebutuhan dana pensiun nanti adalah 10 M. Sehingga dari sekarang perlu investasi pada reksa dana saham (asumsi return 15%) sebesar 1,45 juta per bulan selama 30 tahun. Jangan kebanyakan menunda. Karena telat 1 tahun saja, maka kamu harus menabung 1,68 juta setiap bulannya (kurang lebih menambah 230rb setiap bulannya selama 30 tahun). Bahaya, bukan?

*

Nah, sekarang sudah paham kan kenapa hal kecil bisa jadi besar kalau kamu tidak mulai perubahan dari sekarang? 3 pilar tadi menentukan sukses finansialmu di masa depan. Lalu, sudahkah kamu punya 3 pilar tersebut?

About Greaty Kristanto

Seorang perencana, penulis, dan penikmat hidup yang gemar akan travelling, kuliner, dan uang. Dari 3 hal tersebut, seringkali terasa dinamika untuk menyampaikan hal-hal yang menyenangkan. Hal-hal tentang bagaimana membuat kombinasi antara perencanaan dan nikmatnya hidup, dalam tulisan yang dapat memberikan pengalaman bagi teman-teman pembaca.

View all posts by Greaty Kristanto →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *