2 Kunci Penting Investasi yang Harus Kamu Miliki

2 Kunci Penting Investasi yang Harus Kamu Miliki

Sebagai kaum millenial, gaya hidup adalah hal pasti. Sama halnya pada 2 sekawan Widhy dan Anne dalam Investasi Sekarang atau Nanti?. Sebagai kaum milenial, mereka tidak terlepas dari varian make up terkini, baju seasonal yang kece, hingga gadget canggih keluaran terbaru. Tapi, Widhy lebih memilih untuk membeli make up sesuai keperluan dan fashion kece sesekali, sedangkan Anne sangat senang untuk membeli make up dan fashion terkini, dan setiap tahun membeli hape keluaran terbaru. Di sisi lain, keduanya juga sudah melek investasi dan sudah mengalokasikan gajinya untuk ditabung dan diinvestasikan. Hal yang membedakan mereka adalah mindset mereka terhadap investasi yang mereka alokasikan. Apa aja, tuh?

KUNCI 1 : TUJUAN INVESTASI ADALAH BENTUK PERJUANGANMU

Perbedaan mindset terjadi antara Widhy dan Anne. Widhy tekun berinvestasi karena memiliki tujuan masing-masing reksadana dan tabungan yang dia miliki. Untuk reksadananya, Widhy ingin agar 15 tahun lagi, uang yang dia investasikan dapat memenuhi kebutuhan kuliah anaknya. Selain itu, reksadana lainnya ditujukan untuk rencana jalan-jalan keliling Eropa 5 tahun lagi bersama keluarganya. Dengan memiliki tujuan, Widhy akan merasa bersalah bila tidak rutin berinvestasi karena tujuannya tidak akan tercapai atau perlu menunggu lebih lama lagi.

Selain itu, dengan memiliki tujuan, Widhy jadi merasa termotivasi untuk segera mencapai tujuannya dengan memperhatikan perkembangan investasinya. Berbeda dengan Anne yang merasa segala dana yang dia miliki bebas digunakan setiap saat. Tidak salah, hanya tidak bijak. Hal ini menyebabkan Anne tidak konsisten dalam investasi karena dia berpikir investasi tidak ada bedanya dengan menabung. Dia tidak menentukan tujuan dari investasi yang selama ini dia lakukan. Alhasil, dia seringkali lalai dalam menginvestasikan dananya atau bahkan menggunakan investasinya untuk keperluan konsumtif secara spontan.

KUNCI 2 : KENDARAAN MENUJU TUJUAN INVESTASIMU

Banyak dari kita yang bila ditanya, “buat apa sih kamu investasi?” akan bingung dan kemudian menjawab, “ya buat tabungan dan investasi saja, buat disimpen biar nggak kalah sama inflasi”. Ya, “biar nggak kalah sama inflasi”nya bener sih, tapi kamu ada miss, nih. Memang buat mengalahkan inflasi, tapi kenapa harus mengalahkan inflasi, tujuannya apa? Ini yang harus kamu mulai pikirkan. Investasi adalah kendaraan kamu menuju tujuan, layaknya mobil atau motor. Kamu naik mobil dan motor dengan alasan biar cepat, nggak kena macet, nggak panas, nggak kena hujan, dan sebagainya. Nah, alasan-alasan tersebut adalah inflasi, kondisi ekonomi, kondisi keuangan yang mungkin kamu hadapi menuju tujuan kamu. Dengan “naik kendaraan” yang tepat sesuai kebutuhan dan tujuanmu, kamu akan lebih nyaman dan tepat sasaran mencapai tujuan investasimu.

*

Nah, coba sekarang buka notes di handphone kamu, kemudian tulis tujuan kamu nabung dan investasi. Sebagai contoh, aku mau punya rumah 5 tahun lagi. DP rumah dan biaya lain-lainnya membutuhkan kurang lebih 200 juta. Kira-kira butuh investasi dimana dan berapa ya per bulannya? Biar kamu semakin paham, yuk lihat video di Instagram @fundtastic.id yang satu ini. Kira-kira mewujudkan mimpi dengan metode goal based investing itu gimana, sih?


About Greaty Kristanto

Seorang perencana, penulis, dan penikmat hidup yang gemar akan travelling, kuliner, dan uang. Dari 3 hal tersebut, seringkali terasa dinamika untuk menyampaikan hal-hal yang menyenangkan. Hal-hal tentang bagaimana membuat kombinasi antara perencanaan dan nikmatnya hidup, dalam tulisan yang dapat memberikan pengalaman bagi teman-teman pembaca.

View all posts by Greaty Kristanto →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *